Gusti Aulia, Mersya and Winarni, Sri and Kumalasari, Ade (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis DItinjau Dari Gaya Belajar Kolb Siswa SMA ADhyaksa 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Mersya G.A (A1C217065).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (748kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (198kB) |
Abstract
Gusti Aulia, Mersya.2021.Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb Siswa SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Pembimbing Utama Sri Winarni, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing Pendamping Ade Kumalasari, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Belajar Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI yang masih rendah dan perbedaan gaya belajar tiap siswa perlu dikaji lebih lanjut. Hal ini dikarenakan gaya belajar yang berbeda dapat menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbeda pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI berdasarkan gaya belajar yang dimiliki siswa yaitu converger, diverger, accommodator, dan assimilator. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Seluruh siswa kelas XI MIPA 1 diidentifikasi gaya belajarnya dengan menggunakan angket gaya belajar Kolb. data mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis dan data hasil wawancara dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan indicator tahap kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Polya. Tes dan wawancara kemampuan pemecahan masalah matematis dilakukan dengan 8 siswa yang terdiri dari 2 siswa pada tiap gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: subjek converger, diverger, assimilator, dan accommodator dalam memahami masalah yaitu dengan mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan pada masalah dan mampu menyampaikannya secara lisan maupun tulisan. Subjek converger dan assimilator dalam membuat rencana dengan cara menentukan langkah penyelesaian yang tepat, mencari subtujuan dan mengurutkan informasi, sedangkan subjek diverger dan accommodator dalam membuat rencana dengan cara menyederhanakan masalah, menentukan langkah penyelesaian yang akan digunakan, mencari subtujuan dan mengurutkan informasi. Semua subjek gaya belajar dalam melaksanakan rencana yaitu dengan cara menerapkan strategi yang telah dibuat selama proses perhitungan berlangsung dan tidak mengartikan masalah kedalam kalimat matematika. Dan semua subjek gaya belajar dalam memeriksa kembali yaitu dengan cara memperhatikan langkah-langkah pengerjaan yang telah dibuat apakah sudah benar dan telah menemukan solusi yang tepat tapi tidak melakukan penarikan kesimpulan hasil akhir pada setiap masalah yang dikerjakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | AULIA |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 07:16 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 07:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |