Azmi, Tuan Fauzon (2021) STRATEGI PEMENANGAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA TERPILIH SUNGAI PENUH TAHUN 2020. S1 thesis, Ilmu Politik.
![]() |
Text
Skripsi Full text Tuan Fauzon Azmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER TUAN FAUZON AZMI.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TUAN FAUZON AZMI.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK TUAN FAUZON AZMI-6-7.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB 1 TUAN FAUZON AZMI-17-47.pdf Download (817kB) |
![]() |
Text
BAB Kesimpulan TUAN FAUZON AZMI-84-85.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA TUAN FAUZON AZMI-86-89.pdf Download (438kB) |
Abstract
ABSTRAK Kota Sungai Penuh merupakan sebuah Kota yang kokoh dengan dinasti politik yang dibangun sejak Tahun 2010 saat terpilihnya Asafri Jaya Bakri (AJB) menjadi Walikota. Pada Tahun 2020 Pilkada kembali digelar, AJB tidak dapat mecalonkan diri kembali karena telah dua kali menjabat sebagai Walikota sehingga anak AJB yaitu Fikar Azami yang maju pada kontestasi namun gagal dalam kontestasi tersebut. Walikota dan Wakil Walikota terpilih Sungai Penuh Tahun 2020 adalah Pasangan Ahmadi Zubir dan Alvia Santoni yang bukan bagian dari dinasti politik Sungai Penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing politik dan pendekatan seperti apa yang dilakukan oleh Pasangan Ahmadi Zubir dan Alvia Santoni sehingga dapat memenangkan kontestasi Pilkada Tahun 2020 mengalahkan Pasangan Fikar Azami dan Yos Andrino yang memiliki kemapanan politik dan berasal dari dinasti politik yang kokoh di Sungai Penuh. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori marketing politik dan manajemen marketing politik. Dianalisa menggunakan teori marketing politik 4P yaitu produk, promosi, harga dan penempatan. (1) Produk pasangan Ahmadi Zubir dan Alvia Santoni yaitu memiliki visi misi dan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, (2) Promosi dengan penggunaan media yang masif dan memiliki tim sukses yang solid dan sistematis dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat, (3) Harga dengan penggunaan sumberdaya materil yang minim namun dengan hasil yang maksimal, (4) Penempatan dengan membuat citra yang baik dan mampu menempatkan diri disetiap lapisan masyarakat. Pendekatan marketing politik yang dilakukan yaitu dengan tepat menentukan targetting, segmentasi dan positioning sehingga dapat memenangkan pemilihan. Dalam melakukan penelitian ini, menunjukkan bahwasanya ada faktor lain yang membuat terpilihnya pasangan Ahmadi Zubir dan Alvia Santoni selain karena strategi marketing politik dan manajemen marketing politik yang dilakukan. Factor tersebuat ialah karena kejenuhan masyarakat Sungai Penuh terhadap dinasti politik yang berdiri selama ini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | AZMI |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:42 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |