HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 8 BUNGO

Fitriani, Nurul (2021) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 8 BUNGO. S1 thesis, Pendidikan sejarah.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (375kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (428kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana hubungan penggunaan media film dokumenter dan motivasi belajar dengan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Bungo tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Bungo pada Agustus 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket (kuesioner) kepada siswa kelas XI IPS ( Sebagai data utama). Setelah angket diisi, data dianalisis secara kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat hubungan penggunaan media film dokumenter dengan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Bungo karena nilai thitung (9,654) > ttabel (1,67) dan nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin tinggi penggunaan media film dokumenter maka akan mengakibatkan minat belajar sejarah siswa semakin tinggi pula. (2) Terdapat hubungan motivasi belajar dengan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Bungo karena nilai thitung (12,880) > ttabel (1,67) dan nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar maka akan mengakibatkan minat belajar sejarah siswa semakin tinggi pula. (3) Terdapat hubungan secara bersamaan antara penggunaan media film dokumenter dan motivasi belajar dengan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Bungo karena nilai Fhitung (86,057) > Ftabel (4.001) dan nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin tinggi penggunaan media film dokumenter dan motivasi belajar maka akan mengakibatkan minat belajar sejarah siswa semakin tinggi pula. Besarnya hubungan penggunaan media film dokumenter dan motivasi belajar dengan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Bungo adalah sebesar 74,8% sisanya 25,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini. Dari hasil penelitian ini disarankan agar dalam proses pembelajaran guru hendaknya lebih memotivasi siswa. Selain itu, guru diharapkan menggunakan referensi belajar yang bervariasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran sehingga membuat minat belajar siswa semakin tinggi. Kata Kunci : Media Film Dokumenter, Motivasi Belajar, Minat Belajar Sejarah

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Fitriani
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:35
Last Modified: 17 Dec 2021 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28872

Actions (login required)

View Item View Item