Evaluasi Aplikasi PLN Mobile Kota Jambi ditinjau dari Tingkat Kemudahan Pengguna dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS)

Shintia, Wella (2021) Evaluasi Aplikasi PLN Mobile Kota Jambi ditinjau dari Tingkat Kemudahan Pengguna dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (22kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
lembar pengesahan wella .pdf

Download (143kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (18kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemudahan dari aplikasi PLN mobile di Kota Jambi. Untuk menggukur tingkat kemudahan pengguna aplikasi PLN mobile di Kota Jambi maka dalam penelitian ini menggunakan metode system usability scale (SUS) dimana hasil penelitian dalam bentuk skor SUS. Metode SUS adalah salah satu metode usability yang dapat digunakan sebagai sarana evaluasi untuk melihat tingkat kemudahan dari sebuah aplikasi. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna PLN mobile yang ada di Kota Jambi. Penyebaran quesioner system usability scale (SUS) pada penelitian ini secara langsung kelapangan yang dibagikan kepada 50 orang responden. Hasil yang didapatkan saat penelitian dengan menyebarkan quisioner yaitu berupa skor SUS adalah 57,75 untuk hasil persentil rank 20% yang berada di grade D yang artinya kurang memuaskan pengguna, nilai adjective dengan berdasarkan skor SUS 57,75 maka skala adjective tergolong OK/cukup yang berarti aplikasi sudah layak, acceptability skor tersebut mempunyai arti sudah terima secara marginal/sementara, namun masih butuh peningkatan seperti melengkapi isi fitur yang mana dibutuhkan pengguna. Net Promoter Score (NPS) responden dalam penelitian ini diketahui bersifat passive yang mana artinya pengguna cukup puas saat penggunaan aplikasi PLN mobile Kota Jambi. Abstact: The purpose of this study was to determine the level of convenience of the PLN mobile application in Jambi City. To measure the level of ease of using the PLN mobile application in Jambi City, this study uses the system usability scale (SUS) method where the research results are in the form of SUS scores. The SUS method is a usability method that can be used as an evaluation tool to see the level of ease of an application. The sample in this study were PLN mobile users in Jambi City. The distribution of the Questionnaire System Usability Scale (SUS) in this study was directly distributed to 50 respondents. The results obtained during the research by distributing questionnaires in the form of an SUS score of 57.75 for the 20% rank percentile result which is in grade D which means that the user is not satisfied, the adjective value based on the SUS score of 57.75 then the adjective scale is OK/enough which it means that the application is feasible, the acceptability score means that it has received marginally/temporarily, but still needs improvement such as completing the feature content which the user needs. The Net Promoter Score (NPS) of respondents in this study is known to be passive, which means that users are quite satisfied when using the Jambi City PLN mobile application.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluation, Usability, System Usability Scale.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Shintia
Date Deposited: 20 Dec 2021 06:46
Last Modified: 20 Dec 2021 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29055

Actions (login required)

View Item View Item