PENGEMBANGAN MODUL FISIKA SMA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN STEM

Anggraini, Lisa (2021) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA SMA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN STEM. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_LISA ANGGRAINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (223kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (170kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah modul fisika SMA materi momentum dan impuls berbasis pada pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan STEM dan untuk mengetahui kelayakan dari modul yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan media, angket respon guru dan angket respon siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations), tetapi penelitian ini hanya dilakukan samapai pada tahap Development/pengembangan saja. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang guru fisika SMA Islam Al-Falah Kota Jambi dan siswa kelas X IPA 3 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi yang berjumlah 23 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan media, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil penelitian pengembangan terhadap modul diperoleh dari hasil validasi ahli materi dan media, angket respon guru dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi tahap pertama, diperoleh persentase rata-rata mengenai kelayakan modul sebesar 76% dengan kategori baik dan beberapa saran perbaikan dari validator. Berdasarkan saran perbaikan dari validator tersebut dilakukan perbaikan/revisi. Selanjutnya dilakukan validasi tahap kedua dan diperoleh persentase rata-rata mengenai kelayakan modul sebesar 99% dengan kategori sangat baik. Kemudian berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa mengenai kelayakan modul diperoleh persentase rata-rata sebesar 85% dan 83.1% dengan kategori sangat baik. Sehingga modul fisika SMA materi momentum dan impuls berbasis pada pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan STEM yang dikembangkan sebagai bahan ajar tambahan/pelengkap layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Anggraini
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:48
Last Modified: 21 Dec 2021 01:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29183

Actions (login required)

View Item View Item