PENGARUH DIMENSI KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING di SMAN 1 MUARO JAMBI

Putri, Nadia (2021) PENGARUH DIMENSI KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING di SMAN 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.

[img] Text
SKRIPSI Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan, Halaman Persetujuan.pdf

Download (498kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

Judul Skripsi : Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di SMAN 1 Muaro Jambi Nama : Nadia Yuni Putri Nim : A1E116076 Dosen Pembimbing I : Dr. Drs. Akmal Suja, M.Pd Dosen Pemimbing II : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi,. M.Pd Selama pandemi covid-19, hampir seluruh satuan pendidikan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), baik secara daring atau luring terbatas. Evaluasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terjadi penurunan hasil belajar siswa. Kondisi siswa dan guru yang tidak bisa bertatap muka secara langsung dikarenakan social distancing dan physical distancing inilah yang menimbulkan dampak pada hasil belajar beberapa siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kebiasaan belajar dan nilai hasil belajar yang ada pada siswa kelas X1 di SMAN 1 Muaro Jambi. Dan juga penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring di SMAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan jenis data berupa expost- facto. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi.Teknik penentuan sampel dilakukan dengan perhitungan intrapolasi yang berpedoman pada kategori sebanyak 75 siswa.Pengumpulan data menggunakan angket kebiasaan belajar dan dokumentasi nilai semester siswa. Uji validitas analisis butir dengan rumus Pearson product-moment correlation coefficient pada program SPSS v.22. Reliabilitas instrumen dengan rumus Cronbach Alpha.Uji prasyarat analisis adalah uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai persentase sebesar 75,83 %. dandan untuk nilai hasil belajarnya sebesar 80,5 yang berada pada kualifikasi nilai A (sangat memuaskan). Pengujian hipotesis diperoleh hasil rhit 0,292 dan Sig. 0,001<0,05. Hasil nilai signifikansinya sebesar 0,043 lebih kecil dari 0,05 (0,043 < 0,05) dan diperoleh nilai thitung sebesar 2,060 lebih besar dari t tabel 0,2242 (2,060 > 0,2242) maka dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh pada variabel kebiasaan belajar (X) terhadap hasil belajar siswa (Y). Dan untuk nilai t hitung berada pada area yang positif. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar. Dengan demikian semakin tinggi kebiasaan belajar siswa, semakin tinggi pula hasil belajarnya. Kata kunci: Dimensi kebiasaan belajar, hasil belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 22 Dec 2021 02:59
Last Modified: 22 Dec 2021 02:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29333

Actions (login required)

View Item View Item