DESAIN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI PEMERKUAT PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KARAKTER SISWA MENENGAH PERTAMA

Fitriani, Silvia (2021) DESAIN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI PEMERKUAT PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KARAKTER SISWA MENENGAH PERTAMA. S3 thesis, Doktor MIPA.

[img] Text
01. COVER .pdf

Download (367kB)
[img] Text
Lembar promotor.pdf

Download (463kB)
[img] Text
halaman pengesahan disertasi.pdf

Download (313kB)
[img] Text
ABSTRAK DISERTASI discovery.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 1-5_UJIAN NASKAH DISERTASI-265-268.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB 1-5_UJIAN NASKAH DISERTASI-269-275.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran discovery learning terintegrasi permainan tradisional sebagai pemerkuat pemahaman konsep matematika dan karakter yang valid dan praktis bagi Siswa Menengah Pertama; dan (2) mengetahui efek potensial model pembelajaran discovery learning terintegrasi permainan tradisional sebagai pemerkuat pemahaman konsep matematika dan karakter Siswa Menengah Pertama. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitan ini merupakan penelitian pengembangan kombinasi kerangka ADDIE dengan evaluasi formatif, yang terdiri dari preliminary dan prototyping. Pada tahap preliminary terdiri dari analisis kebutuhan dan desain, sedangkan pada tahap protyping terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group dan field test. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar kerja peserta didik, observasi, angket serta wawancara. Penelitian menghasilkan model pembelajaran discovery learning terintegrasi permainan tradisional sebagai pemerkuat pemahaman konsep matematika dan karakter Siswa Menengah Pertama yang valid dan praktis serta memiliki efek potensial bagi Siswa Menengah Pertama. Berdasarkan analisis data, mampu menghasikan serta mampu mendesain perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran discovery learning terintegrasi permainan tradisional sebagai pemerkuat pemahaman konsep matematika dan karakter Siswa Menengah Pertama

Type: Thesis (S3)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Pendidikan MIPA
Depositing User: FITRIANI
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:29
Last Modified: 22 Dec 2021 04:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29418

Actions (login required)

View Item View Item