Pengembangan Instrument Assessment HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Tema 7 Subtema 1 di Kelas 1 Sekolah Dasar

mahdalena, maria (2021) Pengembangan Instrument Assessment HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Tema 7 Subtema 1 di Kelas 1 Sekolah Dasar. S1 thesis, keguruan dan ilmu pendidikan.

[img] Text
Skripsi full Pengembangan Instrument Assessment Hots.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (447kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (574kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB 1 MARIA.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB 5 MARIA.pdf

Download (587kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan instrument assessment HOTS (higher order thinking skills) pada tema 7 subtema 1 di kelas 1 sekolah dasar, (2) mendeskripsikan tingkat validitas instrument assessment HOTS (higher order thinking skills) pada tema 7 subtema 1 di kelas 1 sekolah dasar, (3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan dari instrument assessment HOTS (higher order thinking skills) pada tema 7 subtema 1 di kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian berupa pengembangan instrument assessment HOTS (higher order thinking skills) pada tema 7 subtema 1 di kelas 1 sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SDN 66/IV Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dari validasi materi dan validasi bahasa. Selain itu, data juga diperoleh dari angket respon pendidik dan wawancara kepada peserta didik untuk melihat kepraktisan dari instrument assessment HOTS (higher order thinking skills). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata nilai 50 dengan persentase sebesar 100% dan termasuk ke dalam kategori Sangat Valid, penilaian dari ahli bahasa mendapatkan rata-rata nilai 23 dengan persentase sebesar 92% dan termasuk ke dalam kategori Sangat Valid. Penilaian dari respon pendidik mendapatkan rata-rata nilai 53 dengan persentase sebesar 87% dan termasuk ke dalam kategori Sangat Praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrument assessment HOTS (higher order thinking skills) pada tema 7 subtema 1 di kelas 1 sekolah dasar secara keseluruhan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Mahdalena
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:55
Last Modified: 28 Dec 2021 02:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29474

Actions (login required)

View Item View Item