Fatimah, Siti (2021) UJI VALIDITAS ISI MODUL PSIKOEDUKASI “LET’S DANCE” UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI SISWA SMP KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (531kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
LATAR BELAKANG Kenakalan remaja mengalami perkembangan ke arah yang lebih buruk daripada tahun-tahun sebelumnya. Penyebabnya adalah kurangnya kemampuan remaja untuk mengontrol emosinya dengan baik atau kemampuan regulasi emosinya yang kurang. Siswa SMP memiliki usia yang tergolong dalam remaja awal yaitu 12-15 tahun yang masih baru akan perubahan dari anak-anak ke remaja sehingga membutuhkan banyak bantuan dan edukasi dalam proses adaptasinya. METODE Penelitian ini menggunakan jenis penelitian riset validasi modul. Dimana modul disusun berdasarkan teori mengenai atribut yang menjadi target penelitian, yaitu variabel yang akan diubah sesuai dengan tujuan intervensi. HASIL Penelitian ini menunjukkan hasil validasi isi modul yang dinilai oleh validator dan memiliki angka skor V dengan rentang 0,67-0,83. Hasil validasi alat ukur yang dinilai oleh validator memiliki rentang angka skor V bergerak dari 0,50-0,83. Berdasarkan hasil uji validitas modul Psikoedukasi “Let’s Dance” yang dinilai oleh expert judgment termasuk dalam kriteria valid dengan beberapa saran dan perbaikan. Kriteria validitas yang dinilai dari aspek materi, penyajian, tata cara menggunakannya, dan bahasa serta dapat berpengaruh atau tidak dalam penggunaanya. KESIMPULAN DAN SARAN Modul Psikoedukasi “Let’s Dance” Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa SMP Kota Jambi yang telah disusun dengan valid ditinjau dari validitas isi modul. Dengan dilakukannya validitas isi modul intervensi Psikoedukasi ”Let’s Dance” Untuk meningkatkan Regulasi Emosi siswa SMP Kota Jambi dapat membantu siswa SMP di Kota Jambi untuk dapat mengetahui cara mengontrol emosinya. BACKGROUND Juvenile delinquency has developed in a worse direction than in previous years. The cause is the lack of ability of adolescents to control their emotions well or their ability to regulate emotions is lacking. Junior high school students are in their early teens, 12-15 years old who are still new to the transition from children to teenagers, so they need a lot of help and education in the adaptation process. METHODS This study uses a type of research validation module research. Where the module is structured based on the theory of the attributes that are the target of the research, the variables that will be changed according to the purpose of the intervention. RESULTS This study shows the results of the validation of the content of the module assessed by the validator and has a V score with a range of 0.67-0.83. The results of the validation of the measuring instrument assessed by the validator have a range of V scores ranging from 0.50-0.83. Based on the results of the validity test of the "Let's Dance" Psychoeducation module which was assessed by expert judgment, it was included in the valid criteria with several suggestions and improvements. The validity criteria are assessed from the material aspect, presentation, procedures for using it, and language and may or may not affect its use. CONCLUSIONS AND RECOMMENDATIONS "Let's Dance" Psychoeducation Module To Improve Emotion Regulation of Jambi City Junior High School Students which has been compiled validly in terms of the validity of the content of the module. By carrying out the content validity of the Psychoeducational intervention module "Let's Dance" to improve the regulation of emotions for junior high school students in Jambi City, it can help junior high school students in Jambi City to know how to control their emotions. Keywords : Module Content Validity, Emotion Regulation Ability, Psychoeducation Module
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Module Content Validity, Emotion Regulation Ability, Psychoeducation Module |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | FATIMAH |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 06:52 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |