Deddy, Kaenan (2021) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Coffee Shop Di Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kaenan Deddy Permana, Analisis Strategi Pengembangan Usaha Coffee Shop di Kota Jambi dibimbing oleh bapak Dr. Ir. Saidin Nainggolan, M.Si dan bapak Ir. Elwamendri, M.Si. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi keberhasilan beberapa coffee shop di Kota Jambi (2) Merumuskan dan menyusun beberapa alternatif strategi yang dapat diterapkan pada coffee shop di Kota Jambi. (3) Menganalisis prioritas alternatif strategi pengembangan yang sebaiknya diterapkan oleh beberapa coffee shop di Kota Jambi. Metode analisis data yang digunakan yaitu: (1) Analisis faktor-faktor internal dan eksternal untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (2) Matriks SWOT untuk merumuskan alternatif strategi (3) Analisis AHP (Analytical Hierarchy Process) yang memungkinkan untuk dapat diterapkan dalam pengembangan usaha coffee shop di Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem pengembangan usaha coffee shop yang ada sudah berjalan dengan baik, akan tetapi terdapat beberapa kendala ataupun masalah dari masing-masing subsistem usaha coffee shop. Upaya pada pengembangan usaha coffee shop di Kota Jambi penting adanya untuk melihat faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang maupun ancaman tidak kalah pentingnya juga menentukan strategis prioritas dengan menggunakan AHP. Hasil dari perhitungan pada matriks SWOT, dapat disimpulkan bahwa pengembangan usaha coffee shop di Kota Jambi menggunakan strategi SO yang mengkombinasikan antara kekuatan dan peluang, sehingga akan didapatkan keuntungan yang optimal dengan alternatif strategi yang memungkinkan untuk dapat diterapkan seperti (1) Melakukan promosi yang lebih insentif dengan memperkenalkan berbagai unggulan yang ada pada coffee shop. (2) Memaksimalkan penggunaan teknologi maupun fasilitas yang ada. (3) Menjaga kestabilan harga produk dengan melakukan kerja sama yang baik dengan produsen dan pemasok bahan baku. (4) Memberikan harga produk yang terjangkau untuk peningkatan daya beli konsumen. (5) Memiliki cita rasa untuk tetap menjaga loyalitas pelanggan. Prioritas dari faktor SWOT diatas adalah Memiliki cita rasa untuk tetap menjaga loyalitas pelanggan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Coffee Shop, Analisis SWOT, Alternatif Strategi, Analisis AHP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Permana |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 04:02 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 04:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |