Lestari, Destrima Ayu and Pramudiani, Dessy and Ekawati, Yun Nina (2021) RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI FKIK UNIVERSITAS JAMBI PADA SITUASI PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) DI MASA PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak Tari.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB I Tari.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB V Tari.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
COVER DESTRIMA.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Tari.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_DESTRIMA AYU LESTARI FINAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan Tari.pdf Download (339kB) |
Abstract
Latar Belakang : Pandemi COVID-19 menyebabkan mahasiswa dituntut untuk bisa belajar secara daring/virtual. Adanya perubahan membuat mahasiswa menemukan berbagai kesulitan akademik, kesulitan-kesulitan yang tidak dapat diatasi akan membahayakan keberlangsungan pendidikan mahasiswa. Untuk dapat mengatasi kesulitan tersebut diperlukan resiliensi akademik. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi akademik mahasiswa psikologi FKIK Universitas Jambi pada situasi pembelajaran daring di masa pandemi ditinjau dari aspek/dimensi resiliensi akademik serta variabel demografi. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 145 mahasiswa angkatan 2018-2020 psikologi Universitas Jambi yang diperoleh dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulan uji coba penelitian dan pengambilan data dilakukan secara online menggunakan google form. Reabilitas skala resiliensi akademik sebesar 0,942. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 145 responden, sebanyak 57 orang (39.31%) memiliki resiliensi akademik dengan kategori sedang,5 orang (3.45%) dengan kategori sangat rendah, 44 orang (30.34%) dengan kategori rendah, 30 orang (20.69%) dengan kategori tinggi, 9 orang (62.1%) dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulan dan Saran : Refleksi diri dan mencari bantuan secara adaptif merupakan aspek dengan kategori sedang dengan frekuensi paling besar. Mayoritas pada masing-masing karakteristik demografi memiliki tingkat resiliensi akademik sedang. Latar Belakang : The COVID-19 pandemic has pushed students to be uble to shift their study methods online. This change made students find warns heademic difficulties, difficulties that couldn’t be overcome will jeopardize the continuity of student education. To be able to overcome these difficulties, academic resilience was needed. Objective : This study aimed to describe the academic resilience of psychology students at the Faculty of Medicine, Jambi University in online learning situations during the pandemic in terms of aspects/dimensions of academic resilience and demoghraphic variables. Methods : This research was a quantitative research using the descriptive method. The research sample was 145 students of the 2018-2020 psychology class at the Jambi University obtained by using a stratified random sampling technique. The research trials and data sample was collected online using google form. The reability of the academic resilience is 0.942 Results : Overall, from 145 respondents, as many as 57 people (39.31%) had academic resilience in the medium category, 5 people (3.45%) in the very low category, 44 people (30.34%) in the low category, 30 people (20.69%) with high category, 9 people (62.1%) with very high category. Conclusions and suggestions : Self-Reflection and Seeking Help Adaptively are the aspects with the moderate category with the greatest frequency. The majority of each demographic characteristic have a moderate level of academic resilience.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | covid-19, mahasiswa psikologi, pembelajaran daring, resiliensi akademik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | LESTARI |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 06:52 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |