-, Neni (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
TESIS NENI (P2A920008).pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
Neni P2A920008 COVER.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
Neni P2A920008 ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
Neni P2A920008 BAB I.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
Neni P2A920008 BAB V.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
Neni P2A920008 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
Neni P2A920008 PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (423kB) |
Abstract
Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelsaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran yang terdiri dari model pembelajaran creative problem solving (CPS), model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan The Pretest Postest Design with Nonequivalent Groups. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 352 siswa yang terbagi menjadi 11 kelas. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah kelas VII- A yang terdiri dari 34, kelas VII-H yang terdiri dari 32 siswa, dan kelas VII-J yang terdiri dari 31 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan angket motivasi belajar dan tes pemecahan masalah matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini didapatkan nilai sig 0,048<0,05 dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap pemecahan masalah matematis siswa, hasil yang kedua nilai sig 0,040<0,05 dengan demikian terdapat pengaruh motivasi belajar tinggi, sedang, rendah terhadap pemecahan masalah matematis siswa, dan hasil yang ketiga yaitu nilai sig 0,421>0,05 yang artinya tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CPS, Discovery learning, konvensional dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Neni |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 02:04 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 02:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |