PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF UNTUK PEMBELAJARAN CAMPURAN (BLENDED LEARNING) DI KELAS III SEKOLAH DASAR

RIANTI, SEPTYA (2021) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF UNTUK PEMBELAJARAN CAMPURAN (BLENDED LEARNING) DI KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
SKRIPSI FUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (195kB)
[img] Text
HAL-PERSETUJUAN_PENGESAHAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (295kB)

Abstract

ABSTRAK Rianti, Septya 2021, “Pengembangan Alat Evaluasi Subtema Energi Alternatif Untuk Pembelajaran Campuran (Blended Learning) Di Kelas III Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: alat evaluasi, instrumen tes, blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) cara mengembangkan alat evaluasi subtema Energi Alternatif untuk pembelajaran campuran (blended learning) di kelas III Sekolah Dasar, (2) tingkat validitas pengembangan alat evaluasi subtema Energi Alternatif untuk pembelajaran campuran (blended learning) di kelas III Sekolah Dasar, dan (3) kepraktisan pengembangan alat evaluasi subtema Energi Alternatif untuk pembelajaran campuran (blended learning) di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembang (RnD). Penelitian berupa pengembangan alat evaluasi Subtema Energi Alternatif untuk pembelajaran campuran (blended learning) di kelas III sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian dan pengembangan ini dilakukan di SDN 66/IV Kota Jambi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui validasi materi dan validasi bahasa serta hasil dari angket respon guru dan wawancara respon peserta didik guna mengetahui kepraktisan produk instrumen tes evaluasi pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi mendapatkan skor akhir sebesar 96,92% dengan kategori sangat valid, penilaian dari ahli bahasa memperoleh skor akhir sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid. Penilaian respon guru mendapatkan skor rata-rata 93% dengan kategori sangat praktis, dan penilaian dari respon peserta didik mendapat persentase sebesar 85% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat evaluasi subtema energi alternatif untuk pembelajaran campuran (blended learning) di kelas III sekolah dasar secara keseluruhan dapat digunakan dalam implementasi evaluasi pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan instrumen tes evaluasi dalam mencapai KD dan tujuan pembelajaran dan diharapkan peneliti dapat mengembangkan alat evaluasi pada materi lain. Hasil pengembangan dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik kelas III Sekolah Dasar serta memudahkan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: RIANTI
Date Deposited: 30 Dec 2021 06:56
Last Modified: 30 Dec 2021 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29737

Actions (login required)

View Item View Item