Prasetio, Feddy (2021) PENGEMBANGAN LKPD KOMUNIKATIF SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF UNTUK PEMBELAJARAN CAMPURAN (BLENDED LEARNING) DI KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FEDDY PRASETIO_A1D118097.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
Abstract
Prasetio, Feddy. 2021. Pengembangan LKPD Komunikatif Sub Tema Energi Alternatif Untuk Pembelanjaran Campuran (Blended Learning) Di Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd (II) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, LKPD, Pendekatan Komunikatif, Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD komunikatif untuk pembelajaran blended learning di kelas III sekolah dasar pada tema 6 energi dan perubahannya subtema 3 energi alternatif dan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan LKPD komunikatif untuk pembelajaran blended learning di kelas III sekolah dasar pada tema 6 energi dan perubahannya subtema 3 energi alternatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Penelitian ini berupa pengembangan LKPD komunikatif untuk pembelajaran blended learning pada tema 6 energi dan perubahannya subtema 3 energi alternatif di Kelas III Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SDN 66/IV Kota Jambi. Data Penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi pembelajaran dan validasi bahasa. Selain itu, data juga diperoleh dari angket respon guru dan wawancara siswa untuk melihat kepraktisan LKPD komunikatif yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid, penilaian dari ahli pembelajaran sebesar 100% dengan kategori sangat valid dan penilaian dari ahli bahasa sebesar 97,8% dengan kategori sangat valid. Penilaian dari respon guru nilai rata-rata sebesar 98% pada ketegori sangat praktis dan hasil wawancara bersama peserta didik memperoleh kesimpulan praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD komunikatif untuk pembelajaran blended learning di kelas III sekolah dasar pada tema 6 energi dan perubahannya subtema 3 energi alternatif secara keseluruhan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PRASETIO |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 06:43 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |