Putri, Aulia (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan MAsalah Barisan dan Deret Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi PAda Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
TESIS AULIA PUTRI ( P2A918015).pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (221kB) |
Abstract
Salah satu kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Siswa sudah mampu mengerjakan soal matematika tetapi belum cukup baik dalam menganalisis dan berpikir dengan maksimal. Sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini juga disebabkan karena adanya perbedaan gaya kognitif pada masing masing siswa. Maka dari itu perlu dianalisis tentang kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan asimilasi dan akomodasi pada gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah barisan dan deret pada gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif berdasarkan asimilasi dan akomodasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 14 Muaro Jambi. Pada penelitian ini siswa diberikan soal tes MFFT, untuk mendapatkan subjek gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif. Siswa yang terpilih menjadi subjek penelitian diberikan soal kemampuan pemecahan masalah barisan dan deret. Setiap jawaban siswa, di analisis tahapan pemecahan masalahnya berdasarkan asimilasi dan akomodasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif , dapat memahami masalah dengan baik, dapat menyusun rencana penyelesaian dan dapat melaksanakan rencana penyelesaian dengan benar, serta memberikan kesimpulan di akhir jawaban. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif banyak mengalami proses asimilasi. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif dapat memahami masalah dengan baik, akan tetapi kurang tepat dalam merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian. Sehingga siswa dengan gaya kognitif impulsif lebih cenderung mengalami proses akomodasi.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif, Asimilasi dan Akomodasi, Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 02:01 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 02:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |