Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas X IPS 1 SMAN 3 kota sungai penuh

Afdal, Khairil (2022) Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas X IPS 1 SMAN 3 kota sungai penuh. S1 thesis, Fkip.

[img] Text
khairil revisi 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER-1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
HALAMAN PEgesahan.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, dll.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (162kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Guru, Minat Belajar Strategi pembelajaran merupakan komponen yang penting dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, dengan penggunaan strategi yang tepat dalam pembelajaran maka akan tercapai tujuan secara maksimal. Dalam proses pembelajaran tidak luput dari strategi pembelajaran serta minat belajar. Keberhasilan belajar ditentukan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah minat belajar. Yang minat itu sendiri adalah sifat yang relatif yang menetap pada diri seseorang beserta pengaruhnya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan guru dalam meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas X IPS 1 SMAN 3 Kota Sungai Penuh . Peneliti dilakukan di SMAN 3 Kota Sungai Penuh Dengan jenis penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif menggunakan uji validitas data dengan metode triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini ialah guru sejarah, teknik analisis data yang digunakan ialah model interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa guru sejarah menerapkan strategi pembelajran berbasis masalah dalam meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas X SMAN 3 Kota Sungai Penuh. Dalam penelitian ini di peroleh data angket minat belajar yang peneliti sebarkan di kelas X IPS 1 SMAN 3 Kota Sungai Penuh dengan persentase 53,22% dari 18 responden dikategorikan cukup. sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi berbasis masalah yang guru terapkan dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa di kelas X IPS 1 SMAN 3 Kota Sungai Penuh.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Afdal
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:52
Last Modified: 07 Jan 2022 03:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29876

Actions (login required)

View Item View Item