dekya, fitriani (2020) pengaruh interaksi sosial terhadap empati siswa di SMA N 13 Kota Jambi. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.
![]() |
Text
SKRIPSI full (Univ).pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Pengaruh interaksi sosial terhadap empati siswa di SMA Negeri 13 Kota Jambi\ Nama : Fitriani Nim : RRA1E116004 Dosen Pembimbing I : Drs.Nelyahardi Gutji, M.Pd Dosen Pembimbing II : Affan yusra S.Pd M,pd Sekolah juga mengajarkan kegiatan berupa pembiasaan untuk berinteraksi sosial dan berempati dilingkungan sekolah. Remaja sering kali dikenal dengan fase “mencari jati diri”.Setiap individu tumbuh dan berkembang selama perjalanan kehidupannya melalui beberapa periode atau fase-fase perkembangan. Bahwa level-level empati beragam bergantung pada kecenderungan pengalaman keadaan. Empati dari orang lain dapat mempengaruhi dan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis sosial yang lain terutama perilaku dan pengharapan-pengharapan orang lain. Tanpa adanya umpan balik emosional kita kehilangan ukuran-ukuran sosial. Empati merupakan kemampuan seseorang untuk mengenal dan memahami emosi, pikiran orang lain. Kemampuan empati untuk merasakan keadaan emosinal orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelsaikan masalah dan mengambil prespektif orang lain. Empati juga berkaitan dengan Interaksi Sosial yang bagaimana manusia mahkluk sosial menjalin hubungan sendiri kita selalu menjalin hubungan dengan orang lain mencoba untuk menganali dan memahami kebutuhan satu sama lain. Hubungan sosial antar individu dalam kelompok pada umumnya dapat diketahui pada masa SMA hal ini disebabkan masa peralihan diantara masa kanak-kanak dewasa. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar tingkat interaksi sosial dan empati siswa disekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Expost Facto atau pengaruh alami. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI ipa da nips di SMA N KOTA JAMBI yang berjumlah 137 siswa dengan penarikan sampel sebanyak 70 orang. Data yang di dapatkan dari penelitian ini menggunakan instrument angket dan teknik analisis data dari penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Dari hasil analisis data dari penelitian ini terdapat pengaruh antara interaksi sosial terhadap empati siswa di SMA N 13 KOTA JAMBI bertolak dari hasil R Square sebesar 0,183 dimaknai cukup kuat (0,17-0,49) cukup kuat. Temuan ini memberikan implikasi terhadap bimbingan konseling di sekolah untuk diharapkan agar dapat meningkatkan layanan bimbingan dan konseling disekolah guna membantu siswa untuk lebih bisa berinteraksi dan berempati sesama temannya dilingkungan sekolah.Guru bimbingan konseling melakukan layanan bimbingan kelompok untuk pengembangan kemampuan bersosialisasi khususnya berkomunikasi bagi antar siswa dan ada juga tujuannya untuk mendorong pengembangan perasaan dan sikap perwujudan tingkah laku yang lebih efektif yaitu peningkatan kemampuan berkomunikasi baik verbal mamupun non verbal. Kata Kunci : Interaksi sosial, Empati siswa
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | FITRIANI |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 06:47 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |