Pelaksanaan Pembinaan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Di SDN 131/IV Kota Jambi

Elfia, Delisa (2022) Pelaksanaan Pembinaan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Di SDN 131/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (210kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembinaan pendidikan karakter sekolah penyelenggara pendidikan iklusi di SDN 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. sumber data diperoleh dari wali kelas IV sebagai data utama serta guru Shadow dan kepala sekolah sebagai data pendukung. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh informan yang diteliti, dengan melakukan pengamatan secara langsung dilapangan dan wawancara serta dokumentasi. Uji validitas dara yang digunakan yaitu triangulasi teknik dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan pendidikan karakter pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi telah dilaksanakan melalui pembelajaran, keteladanan, penguatan, pembiasaan, adapun pelaksanaannya yaitu: 1) Guru melakukan penanaman nilai karakter terintegrasi melalui materi pembelajaran , 2) Guru memberikan contoh nilai karakter yang kontekstual dekat dengan kehidupan siswa, 3) Guru menggunakan pembelajaran aktif , 4) Guru menunjukkan sikap cinta dan rasa hormat, tidak membedakan siswa dan memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh siswa, 5) Guru menunjukkan perilaku yang baik kepada siswa, 6) Terdapat slogan-slogan yang memuat nilai karakter, 7) Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berbuat baik, 8) Kerja sama dengan guru Shadow, 9) Kerja sama dengan orang tua melalui Whatsapp, 10) Terdapat kegiatan rutin harian, mingguan dan bulanan, 11) Guru melakukan kegiatan spontan, 12) terdapat beberapa kegiatan terprogram. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar selalu melaksanakan pembinaan pendidikan karakter sesuai dengan karakteristik, kondisi dan kebutuhan siswa, menggunakan metode pembelajaran yang cocok, memberikan contoh perilaku dan sikap yang baik kepada siswa, melakukan kerja sama sesering mungkin dengan guru shadow dan orang tua, melaksanakan kegiatan rutin, kegiatan spontan dan kegiatan terprogram.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Pendidikan Karakter, Inklusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Elfia
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:37
Last Modified: 13 Jan 2022 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30152

Actions (login required)

View Item View Item