Elfia, Delisa (2022) Pelaksanaan Pembinaan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Di SDN 131/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (504kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembinaan pendidikan karakter sekolah penyelenggara pendidikan iklusi di SDN 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. sumber data diperoleh dari wali kelas IV sebagai data utama serta guru Shadow dan kepala sekolah sebagai data pendukung. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh informan yang diteliti, dengan melakukan pengamatan secara langsung dilapangan dan wawancara serta dokumentasi. Uji validitas dara yang digunakan yaitu triangulasi teknik dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan pendidikan karakter pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi telah dilaksanakan melalui pembelajaran, keteladanan, penguatan, pembiasaan, adapun pelaksanaannya yaitu: 1) Guru melakukan penanaman nilai karakter terintegrasi melalui materi pembelajaran , 2) Guru memberikan contoh nilai karakter yang kontekstual dekat dengan kehidupan siswa, 3) Guru menggunakan pembelajaran aktif , 4) Guru menunjukkan sikap cinta dan rasa hormat, tidak membedakan siswa dan memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh siswa, 5) Guru menunjukkan perilaku yang baik kepada siswa, 6) Terdapat slogan-slogan yang memuat nilai karakter, 7) Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berbuat baik, 8) Kerja sama dengan guru Shadow, 9) Kerja sama dengan orang tua melalui Whatsapp, 10) Terdapat kegiatan rutin harian, mingguan dan bulanan, 11) Guru melakukan kegiatan spontan, 12) terdapat beberapa kegiatan terprogram. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar selalu melaksanakan pembinaan pendidikan karakter sesuai dengan karakteristik, kondisi dan kebutuhan siswa, menggunakan metode pembelajaran yang cocok, memberikan contoh perilaku dan sikap yang baik kepada siswa, melakukan kerja sama sesering mungkin dengan guru shadow dan orang tua, melaksanakan kegiatan rutin, kegiatan spontan dan kegiatan terprogram.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan, Pendidikan Karakter, Inklusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Elfia |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 06:37 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |