Dewi, Nanda Kurnia (2021) ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP PADA PROSES BELAJAR IPS KELAS VIII A SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (835kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (162kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Tingkat keaktifan siswa dalam proses belajar IPS dengan menggunakan Aplikasi WhatsApp (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Keaktifan belajar siswa (3) Solusi yang ditawarkan agar siswa lebih aktif. Peneltian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kota Jambi pada bulan Januari-Februari 2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan mengenai analisis keaktifan belajar siswa dengan menggunakan aplikasi whatsapp pada proses belajar IPS kelas VIII A. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama Guru IPS Kelas VIII yng menjadi sumber utama dari penelitian ini, kemudian wawancara bersama 3 peserta didik kelas VIII, observasi berupa observasi partisipasi pasif serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran dalam jaringan (Daring) dengan menggunakan berbagai fitur yng tersedia seperti fitur foto, video, dokumen, dan video call. Kemudian dalam pelaksanaan penggunaan aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaran terdapat beberapa factor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa yaitu peserta yang tidak fokus sehingga siswa kesulitan memahami materi, Kurangnya Interaksi, fasiltas yang tidak memadai dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, dan kurangnya motivasi belajar peserta didik, serta pada penelitian ini mendeskripsikan solusi yang ditawarkan untuk siswa agar lebih aktif pada proses belajar IPS dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa guru SMP Negeri 4 Kota Jambi mengidentifikasi keaktifan belajar siswa dilihat dari tugas-tugas yang diberikan guru, nilai ulangan harian dan dari sini dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa-siswi yang kurang aktif dikarenakantidak adanya hubungan timbal balik antar guru dan siswa sehingga membuat siswa bosan dan tidak tertarik untuk belajar IPS dengan menggunakan aplikasi WhatsApp.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | DEWI |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 06:27 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 06:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30347 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |