Kompetensi profesional guru bahasa arab di madrasah aliyah nur ma'arif kota jambi

Prastiyo widodo, Hendri (2021) Kompetensi profesional guru bahasa arab di madrasah aliyah nur ma'arif kota jambi. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
IMG_20220119_0007.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI HENDRI PRASTIYO WIDODO FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Widodo, Hendri Prastiyo. 2021. Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab di Madrasah Nur Ma’arif Kota Jambi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I Pembimbing (II) Dr. Friscilla Wulan Tersta, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kompetensi, Profesional Guru Bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Bagaimana Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nur Ma’arif Kota Jambi. Penelitian ini di lakukan pada Madrasah Aliyah Nur Ma’arif Kota Jambi. Pada bulan September-November 2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dari penelitian ini di peroleh melalui observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buru cukup menguasai SK KD mata pelajaran, dalam mengembangkan materi pembelajaran guru secara kreatif. Dalam mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan tetap dengan melakukan tindakan reflektif secara terus menerus dengan melaksanakan proses pembelajaran dikelas serta belum mencapai status akademik, selanjutnya untuk pemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan mengembangkan diri guru menggunakan media HP dan Sound System dengan sumber melalui channel youtube diharapkan dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri antara lain dapat mempermudah peseta didik memahami pembelajaran yang di berikan. Dan juga guru mampu menerapkan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan secara bervariasi seperti; Maharah istima’, maharah kalam, maharah qiraah, maharah kitabah, imlak, dan juga insya’. Dalam mengorganisasikan program pembelajaran guru belum dapat memahami dan juga tidak dapat mandiri dalam membuatnya. Kemudian dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar peserta didik guru menggunakan evaluasi dengan beberapa cara yaitu memberikan teks secara tulis maupun lisan, menjawab pertanyaan (pilihan ganda, isian, uraian). Mengerjakan tugas-tugas, seperti pengamatan, praktik, diskusi, menulis laporan, dan melaporkannya. Adapun pendukung Kompetensi Profesional Guru bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nur Ma’arif Kota Jambi adalah dengan di berikan dukungan oleh kepala Madrasah untuk kedepan akan di buatkan pelatihan dalam pembuatan program pembelajaran mengingat masih banyak guru sepuh atau senior yang memang belum S1 dan belum memahami akan program pembelajaran beserta pembuatannya. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dapat meningkat kompetensi profesional serta kinerja guru yang meliputi program pembelajaran dan proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WIDODO
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:18
Last Modified: 20 Jan 2022 02:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30579

Actions (login required)

View Item View Item