Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Monopoli Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Siswa Kelas X SMAN 2 Kota Jambi

Ariyanti, Desy (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Monopoli Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Siswa Kelas X SMAN 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (507kB)
[img] Text
Daftar isi, Gambar, Tabel, Lampiran.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (500kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ariyanti Desy. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Monopoli Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Siswa Kelas X SMAN 2 Kota Jambi”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Dr. Rosmiati, M.Pd, Pembimbing II Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Mata Pelajaran Ekonomi Dari hasil penyebaran angket observasi awal kepada 30 siswa/i kelas X IPS 2 SMAN 2 Kota Jambi serta informasi dari hasil wawancara terhadap guru ekonomi SMAN 2 Kota Jambi. Berdasarkan hasil angket observasi awal, diketahui sebanyak 87% respondenmenyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran ekonomi. Setelah dilakukan analisis terhadap hasil angket observasi tersebut menyangkut kesulitan-kesulitan seperti apa yang ditemukan siswa selama mempelajari mata pelajaran ekonomi, maka diperoleh informasi sebagai berikut: (1) kesulitan dalam memahami materi, (2) kurangnya motivasi siswa untuk belajar materi yang dianggap mudah. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis permainan monopoli pada mata pelajaran ekonomi untuk SMA Kelas X, untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis permainan monopoli pada mata pelajaran Ekonomi untuk SMA Kelas X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan produk adalah model pengembangan Alessi dan Trollip. Data primer dalam penelitian ini berupa data observasi, validasi media dan materi dari para ahli, data persepsi siswa untuk mengetahui efektivitas media. Berdasarkan hasil penelitian, hasil validitas media oleh pakar media diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas media pembelajaran berbasis permainan monopoli dengan nilai rata-rata skor 115 dengan pesentase 95,83% pada kategori valid/praktis. Hasil validitas materi oleh pakar materi diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas materi media pembelajaran berbasis permainan monopoli nilai rata-rata 72 dengan skor 96. Hasil tanggapan guru diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil media pembelajaran berbasis permainan monopoli dengan nilai rata-rata skor 97,5. hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil praktikalitas 17 orang siswa berada 96,35%. Dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis permainan monopoli dengan nilai rata-rata 96 pada kategori valid/praktis. hasil uji validitas materi media pembelajaran berbasis permainan monopoli nilai rata-rata 97,5. hasil uji tanggapan guru mengenai media pembelajaran berbasis permainan monopoli dengan nilai rata-rata skor 96. Hal ini berarti pakar ahli materi media pembelajaran berbasis permainan monopoli skala penilaian sangat valid.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Mata Pelajaran Ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ariyanti
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:32
Last Modified: 20 Jan 2022 03:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30612

Actions (login required)

View Item View Item