STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

PUTRI RIZKI, MUTMAINAH (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI REVISI 13_MUTMAINAH PUTRI RIZKI_A1D118055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL ATAU COVER.pdf

Download (101kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Disiplin Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan sikap disiplin siswa kelas V di SDN 34/I Teratai. Penelitian ini dilakukan di kelas VA SDN 34/I Teratai pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang guru terapkan dalam upaya mengembangkan karakter disiplin siswa, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas VA SDN 34/I Teratai hal yang dilakukan guru yaitu mengidentifikasi perilaku siswa, membuat peraturan kelas, membuat konsekuensi dan memberi peringatan kepada siswa yang melanggar peraturan. Peraturan yang dibuat guru merupakan pengembangan dari tata tertib sekolah dan penyesuaian terhadap perilaku siswa di kelas. Strategi guru dalam mengembangkan kedisiplinan siswa yaitu dengan bentuk keteladanan, pembiasaan dan budaya sekolah. Bentuk keteladanan yang dilakukan di sekolah tersebut guru selalu menunjukkan perilaku yang disiplin berupa hadir ke sekolah tepat waktu, mengenakan seragam sesuai jadwal hari yang telah ditentukan, karena sebagai pembimbing guru harus berupaya untuk membimbing dan mengarahkan perilaku siswa ke arah yang disiplin. Sebagai contoh atau panutan sebagai teladan, guru harus senantiasa memperlihatkan perilaku disiplin yang baik kepada siswa, karena bagaimana siswa akan berdisiplin jika guru yang sebagai panutan tidak menunjukkan sikap disiplin tersebut. Sebagai pengendali, guru mampu mengendalikan seluruh perilaku siswanya. Strategi untuk mengembangkan dan melaksanakan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui pembiasaan pada anak. Melalui pembiasaan, anak tidak hanya belajar benar dan salah saja tetapi anak akan merasakan dan dapat membedakan nilai baik dan tidak baik serta anak akan bersedia melakukannya atau tidak melakukannya. Suatu tingkah laku yang diperoleh dengan pembiasaan, maka akan sangat sulit untuk mengubah atau menghilangkannya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: RIZKI
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:27
Last Modified: 16 Feb 2022 07:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31241

Actions (login required)

View Item View Item