ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTARA SISWA DENGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SDN 34/I TERATAI

OKTAVIA, INTAN (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTARA SISWA DENGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SDN 34/I TERATAI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER INTAN.pdf

Download (406kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I intan.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Oktavia, Intan. 2022. Analisis Kemampuan Komunikasi antara Siswa dengan Guru dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SDN 34/I Teratai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi S.Pd M.Pd.I (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah kemampuan komunikasi antara siswa dengan guru dalam pembelajaran tatap muka terbatas di SDN 34/I Teratai. Penelitian ini dilakukan di kelas IV A SDN 34/I Teratai pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Narasumber yang diwawancara dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi menunjukkan hasil penelitian bahwa kemampuan komunikasi antara siswa dengan guru di SDN 34/I Teratai dikategorikan bagus, sedang dan perlu bimbingan dimana Kemampuan komunikasi siswa dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang berbeda yakni pada siswa dengan hasil belajar yang tinggi dapat mencapai semua indikator pada kemampuan komunikasi. Dengan demikian siswa tersebut selalu dapat menerima dan memahami pesan yang disampaikan dari guru dengan baik, aktif menjawab pertanyaan serta berpendapat. Pada siswa dengan hasil belajar yang sedang yakni hampir sama dengan yang tinggi yaitu dapat menerima pesan dengan baik serta ada timbal balik dari guru tetapi hanya mencapai empat indikator kemampuan komunikasi. Untuk siswa dengan hasil belajar tinggi dan sedang lebih efektif dan senang ketika berkomunikasi secara langsung dari pada melalui gawai. Pada siswa dengan hasil belajar yang rendah kemampuan komunikasinya juga terbilang rendah karena tidak mencapai semua indikator kemampuan komunikasi dan hanya tercapai dua dari lima indikator kemampuan komunikasi. Komunikasi merupakan suaru proses penyampaian informasi, dilihat dari sudut padang ini, kesuksesan komunikasi tergantung pada pesan atau informasi dan cara penyampaiannya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: OKTAVIA
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:31
Last Modified: 17 Feb 2022 07:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31269

Actions (login required)

View Item View Item