HANIPAH, UMI (2022) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER RE.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN FIK.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI UMI HANIPAH FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
Abstract
Hanipah, Umi. 2021. Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Peran Guru, Berpikir Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/1 Teratai pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas tinggi di SD Negeri 34/I Teratai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga verifikasi, dan keempat pemaknaan data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru memiliki peran penting diantaranya sebagai sumber belajar dan menguasai materi untuk diajarkan kepada siswa sehingga guru dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa ketika pembelajaran berlangsung. (2) guru sebagai fasilitator sebagai pelayanan agar siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. (3) Guru sebagai pengajar dan inovator dengan membagi pengalaman yang sudah didapatkan dan mengajarkannya kepada siswa. (4) guru sebagai motivator harus dapat memahami karakteristik pada masing-masing siswa, guru perlu memberikan perhatian kepada siswa sehingga siswa akan merasa bersemangat dan mampu berkonsentrasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang disimpulkan dan dipahami bahwa peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari wawancara dan observasi bahwa peran guru sudah direalisasikan secara baik oleh guru-guru di SDN NO.34/1 Teratai yaitu di kelas tinggi. Secara keseluruhan terkait dengan peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di Sekolah Dasar SDN No 34/1 Teratai sudah cukup baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | HANIPAH |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 02:51 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |