STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA PESERTA DIDIK DI SDN 55/I SRIDADI

Andini, Ayu Putri (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA PESERTA DIDIK DI SDN 55/I SRIDADI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas VI B di SDN 55/I Sridadi Semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 pada 23 November sampai 23 Desember 2021. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data dianalisis, secara kualitatif menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menanamkan karakter cinta tanah air peserta didik di sekolah dasar terdiri dari perencanaan penanaman karakter, pelaksanaan penanaman karakter dan evaluasi penanaman karakter. Perencanaan penanaman karakter cinta tanah air yang dilakukan oleh guru meliputi: membuat RPP, memajang foto pahlwan dan presiden/wapres, memajang peta indonesia, membuat mading cinta tanah air dan membuat buku kegiatan. Pelaksanaan penanaman karakter cinta tanah air guru melakukan penguatan, keteladan, dan pembiasaan. Selanjutnya evaluasi penanaman karakter cinta tanah air, guru melakukannya dengan cara observasi baik secara langsung saat proses pembelajaran maupun melalui mading dan buku kegiatan cinta tanah air. Strategi guru dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada peserta didik juga sudah terlaksana dengan baik dilihat dengan peserta didik yang memiliki karakter cinta tanah air pada dirinya, yaitu : (1) Memiliki rasa nasionalisme, persatuan dan kesatuan (2) Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (3) Melestarikan seni dan budaya bangsa indonesia (4) Berpartisipasi dalam peringatan hari-hari besar nasional (5) Ikut serta berpatisipasi dalam upaya menjaga alam indonesia. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi guru dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada peserta didik di sekolah dasar yang dilihat melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penanaman karakter cinta tanah air menciptakan peserta didik yang memiliki rasa cinta tanah air.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ANDINI
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:23
Last Modified: 25 Feb 2022 02:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31496

Actions (login required)

View Item View Item