PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS JAMBI

Rizky, Muhammad (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, BIMBINGAN DAN KONSELING.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RIZKY .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI MUHAMMAD RIZKY.pdf

Download (170kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN MUHAMMAD RIZKY.pdf

Download (176kB)
[img] Text
ABSTRAK MUHAMMAD RIZKY.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I MUHAMMAD RIZKY.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB V MUHAMMAD RIZKY.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MUHAMMAD RIZKY.pdf

Download (10kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Pembelajaran E-learning terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi Peneliti : Muhammad Rizky Pembimbing : 1. Drs. H. Rasimin, M.Pd. 2. Affan Yusra, S.Pd, M.Pd. Kemajuan teknologi telah merubah cara padang dalam membangun sistem pembelajaran. Sistem pembelajaran yang lebih menekankan pada penggunaan teknologi elektronik sebagai media komunikasi yang menjembatani antara pengajar dan pembelajar dikenal dengan istilah pembelajaran E-learning. Pembelajaran E-learning semakin populer di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Pandemi Covid-19 memaksa dunia pendidikan untuk melakukan perubahan secara cepat dari konsep pembelajaran klasikal menjadi pembelajaran berbasis elektronik. Tuntutan perubahan yang sangat cepat tersebut memberikan dampak negatif, khususnya bagi pembelajar (mahasiswa) yang bertahun-tahun sudah terbiasa dengan pembelajaran klasikal. Kondisi tersebut tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan timbulnya kejenuhan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pelaksanaan pembelajaran E-learning. Mendeskripsikan tingkat kejenuhan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran E-learning. Menganalisis pengaruh pembelajaran E-learning terhadap kejenuhan mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi Angkatan Tahun 2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi yang diteliti adalah mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Jambi yang berjumlah 140 orang. Sedangkan sampel yang diteliti adalah sebanyak 59 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan lima alternatif jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran E-learning memperoleh skor rata-rata 221.03 atau sebesar 74.92%. Kejenuhan belajar memperoleh rata-rata skor 221.25 atau sebesar 75 %. Nilai signifikansi hasil perhitungan sebesar 0,000. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran E-learning dan kejenuhan belajar masuk dalam kategori tinggi. Pembelajaran E-learning secara signifikan berpengaruh terhadap kejenuhan belajar mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi Angkatan Tahun 2019. Disarankan pembelajaran E-learning harus dilakukan secara bervariasi. Hal tersebut harus menjadi perhatian, karena kejenuhan belajar akan semakin tinggi jika pembelajaran E-learning dilakukan secara monoton. Pembelajaran E-learning harus didukung dengan sarana dan prasarana yang baik. Perlunya kajian lebih lanjut mengenai pembelajaran E-learning, khususnya dampaknya terhadap kondisi pembelajar (mahasiswa). Kata Kunci : Pembelajaran E-learning, Kejenuhan Belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: RIZKY
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:12
Last Modified: 04 Mar 2022 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31507

Actions (login required)

View Item View Item