Pengembangan Media Pembelajaran Berbsis Video Menggunakan Aplikasi Sony Vegas Pro 11 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Ekonomi Kelas X SMA N 10 Kota Jambi

Lukman, Lukman (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbsis Video Menggunakan Aplikasi Sony Vegas Pro 11 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Ekonomi Kelas X SMA N 10 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
PERSETUJUAN dan PENGESAHAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Dalam Pembelajaran di era digital ini, masih banyak ditemukan guru yang menggunakan mentode pembelajaran secara konvesional dan sedikit yang menggunakan metode pembelajaran yang menarik dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang kurang dalam pembelajaran mempengaruhi aktivitas belajar mengajar, jarangnya penggunaan media pembelajaran membuat kegiatan pembelajaran menjadi monoton. Dalam hal ini Sony Vegas Pro 11 merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual berbentuk video menggunakan Sony Vegas Pro 11 pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 10 Kota Jambi; (2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan Sony Vegas Pro 11 pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 10 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 SMAN 10 Kota Jambi yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan media pembelajaran berbasis video ini telah memenuhi syarat dan layak digunakan dalam proses pembelajaran disekolah. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi oleh ahli media yang memperoleh hasil sebesar 88% dengan kategori “sangat baik” dan validasi ahli materi sebesar 86% dengan kategori “sangat baik”. Dari hasil ujicoba kelompok kecil diperoleh sebesar 91,67% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Dan dari hasil ujicoba kelompok besar diperoleh sebesar 85,46% dan termasuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video mengunakan Sony Vegas Pro 11 pada materi ekonomi layar untuk dijadikan media pembelajaran di dalam kelas dan mendapat repon positif dari siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Video, Ekonomi, Sony Vegas Pro 11
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: LUKMAN
Date Deposited: 09 Mar 2022 04:23
Last Modified: 09 Mar 2022 04:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31652

Actions (login required)

View Item View Item