Endelta, Iis (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Iis Endelta_A1D118115_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan karakter peduli sosial pada pembelajaran tatap muka terbatas di Sekolah Dasar di SD Negeri 55/I Sridadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Strategi pola pembiasaan, dalam menanamkan karakter peduli sosial guru menerapkan pola pembaisaan kepada peserta didik dengan membiasakan peserta didik untuk menggunakan alat tulis seperti gunting, krayon, rautan secara berkelompok, dengan begitu peserta didik akan belajar melatih ego sehingga memunculkan sifat peduli dengan kebutuhan teman-teman di sekitarnya. (2) Strategi keteladanan, guru telah menyediakan kotak yang berisikan alat tulis, dimana alat tulis tersebut di pinjamkan guru kepada siswa yang tidak membawanya. Selain itu guru juga memberikan keteladan kepada siswa ialah dengan ikut serta gotong royong dan memberikan infak menjadi contoh kepedulian sosial yang baik. (3) Teguran, guru memberikan teguran dan nasihat kepada siswa dengan tegas. Guru bahkan tak segan memberikan hukuman kepada siswanya yang berperilaku tidak peduli kepada temannya. (4) Strategi penguatan, guru memberikan penguatan dengan verbal kepada siswa yang telah menunjukkan nilai-nilai kepedulian sosial dan indikator karakter peduli sosial. Adapun penguatan verbal yang dilakukan oleh guru saat pembelajaran berlangsung seperti mengucapkan kata “pintar” dan “hebat”. (5) Strategi pengkondisian lingkungan, guru mengintegrasikan pengkondisian lingkungan dengan menyediakan tempelan berupa indikator kepedulian sosial dan slogan kepedulian sosial. Slogan tersebut ditempelkan dikleas. Dengan dipasangnya indikator dan slogan karakter kepedulian sosial tersebut diharapkan siswa mampu menanamkan karakter tesebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu strategi guru dalam menanamkan karakter peduli sosial untuk menghadapi tantangan pembelajaran tatap muka terbatas disekolah dasar diantaranya: Pola Pembiasan, Keteladanan, Penguatan, Teguran, Pengondisian Lingkungan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ENDELTA |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 01:53 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 01:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |