Implementasi Literasi Digital Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi

Salmiyani, Rosnia (2022) Implementasi Literasi Digital Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Rosnia Salmiyani_Skripsi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Salmiyani, Rosnia.2018. Implementasi Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd, M.Pd.I., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Literasi digital, Pembelajaran, Masa Pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi literasi digital dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar pada masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Lubuk Harjo pada semester ganjil tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Jenis penelitian ini yaitu untuk mendskripsikan implementasi literasi digital dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji Validitas data yang digunakan yaitu Triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles and Huberman dengan analisis data berupa reduction data, display data, dan conclusion drawing/verification. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi literasi digital di SD Negeri Lubuk Harjo telah diterapkan dalam masa pandemi, hal ini terlihat dari penggunaan media digital, pemanfaatan teknologi digital, dan penerapan literasi digital dalam proses pembelajaran. Adapun dalam implementasi literasi digital ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan berisikan mengenai persiapan yang dilakukan kepala sekolah dan guru sebelum melakukan implementasi literasi digital dalam proses pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan berisikan mengenai pelatihan literasi digital yang diikuti kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan, intensitas penerapan dan pemanfaatan literasi digital dalam kegiatan pembelajaran, dan sebagainya. Selanjutnya yaitu tahap evaluasi yang berisikan mengenai pengoreksian dalam menerapkan literasi digital. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa implementasi literasi digital telah dilaksanakan di lingkungan sekolah terutama dalam proses pembelajaran dengan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi literasi digital. Adapun dalam pelaksanaan implementasi literasi digital kepala sekolah dan guru bekerja sama agar pelaksanaan implementasi literasi digital dapat berjalan dengan baik. Sehingga baik kepala sekolah maupun guru melakukan pelatihan hingga mengevaluasi setiap minggunya mengenai perkembangan implementasi literasi digital dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini pula diharapkan pula guru untuk terus berusaha dalam memanfaatkan literasi digital pada masa pandemi saat ini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Literasi digital, Pembelajaran, Masa Pandemi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Salmiyani
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:38
Last Modified: 16 Mar 2022 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31959

Actions (login required)

View Item View Item