Aprilia Susanti, Ici (2022) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Nilai Agama DanMoral Di TK B Yayasan Idzzatul Islam Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN-dikonversi.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL ICI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
COVER-1.pdf Download (115kB) |
Abstract
Nilai Agama dan Moral haruslah diperkenalkan dan diajarkan diusia 5-6 tahun karena diusia ini anak belajar dengan cara meniru, adapun cara memperkenalkan dan mengajarkan haruslah sesuai dengan perkembangan usia dan karakter anak salah satu cara untuk memperkenalkan dan mengajarkan nilai agama dan moral yaitu membacakan/memperkenalkan buku cerita bergambar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada salah satu guru kelas TK B Yayasan Izzatul Islam Jambi dari segi karakteristik anak ada tiga orang yang belum bisa menahan marah, dari segi kemampuan anak belum bisa praktek menahan marah secara utuh, dan yayasan belum mempunyai buku cerita bergambar yang memperkenalkan langka-langka menahan marah secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan buku cerita bergambar bergambar tentang nilai dan agama moral khususnya langka-langka menahan marah dari proses pengembangan, segi kevalidan, praktis dan untuk mengetahui respon anak terhadap buku Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE. Adapun langkah-langkahnya (1) Tahap analisis karakter anak dan materi (2) Tahapan desain meliputi: persiapan pembuatan produk, membuat gambar dan cerita serta menyusun instrumen penilaian (3) Tahap pengembangan: Validasi ahli materi dan media pembelajaran (4) Implentasi meliputi: uji coba praktis, responden orang tua dan uji coba kelompok kecil (5) Tahap evaluasi meliputi perbaikan dari setiap penelitian pengembangan model ADDIE. Hasil penelitian pengembangan yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa buku cerita bergambar tentang nilai agama dan moral pada anak kelompok B di TK B Yayasan Izzatul Islam Jambi yang dikembangkan dikatagorikan sangat baik atau “valid” dengan total penilaian 110 dengan prsentase 94,83% dari penilaian ahli materi dan nilai total yang didapatkan dari ahli media yaitu 70 dengan prsentase 97,22% dengan katagori sangat baik atau “valid” Penilaian praktis mendapat nilai total 794 dengan prsentase 64,% dengan katagori baik atau “praktis” dan penilaian respon dari orang tua menndapatkan nilai total 400 dengan prsentase 66,67% yang dikatagorikan “baik” sehingga layak diuji cobakan pada kelompok kecil. Pada uji coba kelompok kecil yang bertujuan untuk melihat respon anak terhadap buku cerita bergambar tentang nilai agama dan moral mendapatkan total nilai 480 dengan prsentase 80,17% yang dikatagorikan “sangat baik” Kesimpulan dari penilaian ini bahwa pengembangan buku cerita bergambar tentang langka-langkah menahan marah layak digunakan di kelompok Ibnu Umar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Cerita Bergambar, Nilai Agama, Moral |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | SUSANTI |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 06:56 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 06:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |