Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Melalui Out Door Learning di Sekolah Dasar

Rahma Fitri, Dinda (2022) Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Melalui Out Door Learning di Sekolah Dasar. S1 thesis, Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar.

[img] Text
Skripsi_Dinda Rahma Fitri_A1D118049_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover .pdf

Download (25kB)
[img] Text
Halaman pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (468kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Rahma Fitri, Dinda. 2021. “Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Melalui Out Door Learning di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Arsil, M.Pd. (2) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd Kata kunci: peran guru, pembelajaran ekosistem IPA, out door learning Penelitian yang dilakukan di SDN 63/X Nibung Putih ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPA materi ekosistem melalui out door learning. Peran guru yang dilihat mulai dari merencanakan proses kegiatan pembelajaran, melaksanakan proses kegiatan pembelajaran, serta evaluasi setelah pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan secara out door learning. Out Door Learning dipilih oleh guru untuk mengoptimalkan perannya sebagai seorang fasilitator guna menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, unik, serta sejalan dengan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan metode out door learning peserta didik dapat melalui proses pembelajaran yang menyenangkan serta mampu memahami materi ekosistem IPA tentang pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana peranan guru dalam pembelajaran IPA materi ekosistem melalui out door learning di sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SDN 63/X Nibung Putih. Sumber data pada penelitian ini yaitu data pokok (primer) serta data tambahan (sekunder). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA materi ekosistem melalui out door learning di SDN 63/X Nibung Putih sudah berjalan dengan baik. hal tersebut tidak lepas dari peran guru dalam pembuatan rencana proses pembelajaran, pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran serta evaluasi dari kegiatan proses pembelajaran dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Fitri
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:51
Last Modified: 21 Mar 2022 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32149

Actions (login required)

View Item View Item