sandi, seo (2022) Pengembangan e-Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Mipa. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (927kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (617kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (617kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
Skripsi full text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Sandi 2022, “Pengembangan e-Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Ikatan Kimia Kelas X MIPA”. Skripsi, program studi pendidikan kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. Fuldiaratman, M.Pd , (2) Afrida, S.Si., M.Si. Kata Kunci: E-Modul, Pendekatan Kontekstual, Ikatan Kimia. Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan yang didapat dan merupakan pondasi hidup yang harus dibangun dengan sebaik mungkin. Pada umumnya, pendidikan di zaman sekarang tidak terlepas dari teknologi karena dengan adanya teknologi m embuat pendidikan menjadi maju. Salah satu contohnya adalah bahan ajar multimedia dalam bentuk e-Modul. E-Modul dikembangkan karena dapat dianggap praktis penggunaannya untuk siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengembangkan modul ini digunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan e-Modul berbasis pendekatan kontekstual pada materi ikatan kimia di SMA dan dapat mengetahui kelayakan e-Modul yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan mengikuti kerangka ADDIE yang dikembangkan oleh Lee & Owens. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh tim ahli materi dan ahli media. Data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dianalisis menjadi data interval dengan menggunakan skala likert. Hasil yang diperoleh yaitu sebesar 94,46% dengan kategori sangat baik dan penilaian guru sebesar 86% juga dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa e-Modul berbasis pendekatan kontekstual pada materi ikatan kimia yang dikembangkan baik untuk digunakan dalam pembelajaran dan juga mendapatkan respon yang baik dari siswa di SMAN 1 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Sandi |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 06:47 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |