Kurnia, M. Riyo Agung (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERBENTUK APLIKASI ANDROID PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi M. Riyo Agung Kurnia .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover awal.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
Hal persetujuan .pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (284kB) |
Abstract
Kurnia, M Riyo Agung. 2022. “ Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Chemo-Entrepreneurship Berbentuk Aplikasi Android Pada Materi Hidrokarbon di SMA”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes (II) Aulia Sanova, S.T., M.Pd. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Chemo-Entrepreneurship, Android, Hidrokarbon Mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran yang terfokus pada bagaimana peserta didik memahami konsep, prinsip, hokum dan teori kimia serta keterkaitannya ilmu kimia tersebut dengan penerapannya dikehidupan sehari-hari guna menyelesaikan masalah. Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) hadir sebagai salah satu pendekatan yang tepat dalam pembelajaran kimia. CEP merupakan suatu pendekatan pembelajaran kimia yang kontekstual yaitu mengaitkan pembelajaran dengan objek nyata sehingga selain mempelajari materi siswa juga dapat mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat, dan menumbuhkan semangat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar multimedia interaktif berbasis Chemo-Entrepreneurship berbentuk aplikasi android pada materi hidrokarbon. Serta mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap bhan ajar multimedia interaktif yang dikembangkan di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah multimedia interaktif berbasis Chemo-Entrepreneurship berbentuk aplikasi android pada materi hidrokarbon yang telah divalidasi oleh tim ahli yaitu ahli materi dan ahli media, dan masing-masing diperoleh rerata skor penilaian sebesar 4,42 (sangat baik) dengan persentase 88,57% ; 4,36% (sangat baik) dengan persentase 87,2% serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan penilaian guru yang berisikan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan telah sesuai dan layak, diperoleh rerata skor sebesar 4,57 (sangat baik) dengan persentase 91,4 %. Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa sebesar 94 %.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Chemo-Entrepreneurship, Android, Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Kurnia |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 02:46 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 02:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |