Pengembangan Media Animasi Materi Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Pembelajaran Abad 21 Di Kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi

Pierda, Gempita Anjaly (2022) Pengembangan Media Animasi Materi Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Pembelajaran Abad 21 Di Kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
CamScanner 04-11-2022 11.56.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Bab 1 Fix.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (404kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Skripsi Gempita Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan proses pengembangan, kepraktisan, dan keefektifan media animasi materi teks laporan hasil observasi berbasis pembelajaran abad 21. Penelitian ini dilakukan di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model analysis, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE). Perolehan data dalam penelitian ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi proses pengembangan media pembelajaran. Data kuantitatif berupa hasil penilaian media pembelajaran yang berasal dari validasi ahli media, ahli materi, respon praktisi dan respon siswa. Data kuantitatif diolah menggunakan skala likert dan rumus N-Gain. Subjek penelitian yaitu 3 peserta didik dalam uji perorangan dan 31 peserta didik dalam uji coba lapangan. Peserta didik berasal dari kelas VII A. Dalam proses pengembangan diperoleh hasil akhir validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata 92,00 dengan kategori sangat tinggi. Hasil akhir validasi ahli materi, diperoleh nilai rata-rata 87,80 dengan kategori tinggi. Kepraktisan media pembelajaran dinilai berdasarkan 3 aspek, yaitu aspek kelayakan konten, kelayakan tampilan, dan aspek teknik kebahasaan dengan nilai rata-rata keseluruhan yaitu, 84,90 berkategori tinggi. Media pembelajaran yang dikembangkan ini tergolong efektif diukur berdasarkan selisih nilai N-Gain tes awal dan tes akhir peserta didik ditinjau dari aspek kognitif dan psikomotorik. Selisih tes awal dan tes akhir aspek kognitif sebesar 0,73 dengan kategori N-Gain tergolong tinggi. Pada aspek psikomotorik, selisih tes awal dan tes akhir sebesar 0,75 dengan kategori N-Gain tinggi. Berdasarkan hal tersebut, media yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dilihat dari tingkat keefektifan dan kepraktisannya. media animasi yang dikembangkan ini dapat digunakan dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi jenjang SMP.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, teks laporan hasil observasi, pembelajaran abad 21
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Pierda
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:38
Last Modified: 12 Apr 2022 03:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32695

Actions (login required)

View Item View Item