Junita, Tri Thantri (2022) ANALISI PENERAPAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS DI SD PERTIWI I KOTA JAMBI. S2 thesis, MAGISTER PENDIDIKAN DASAR.
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (283kB) |
Abstract
Tri Thantri Junita. (2022). “Analisi Penerapan Literasi Membaca Dan Menulis Di SD Pertiwi 1 Kota Jambi : Tesis Program Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi. Pembimbing I Bunga Ayu Wulandari, S,Pd, M.EIL, Ph.D dan Pembimbing II Dr. Muhammad Ali, S.Pd, M.Pd Membaca membuka jalan diseluruh dunia untuk pengetahuan yang tidak terbatasNamun pada faktanya sekarang ini kegiatan membaca di masyarakat menjadi kegiatan yang intensitasnya rendah untuk dilakukan karena alasan malas, minimnya kesadaran akan pentingnya manfaat membaca, serta minat membaca yang kurang. Menanggulangi hal tersebut pemerinta menerapkan Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menarasikan penerapan literasi membaca dan menulis di SD Pertiwi I Kota Jambi, (2) Untuk menarasikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan literasi membaca dan menulis di SD Pertiwi I Kota Jambi dan upaya sekolah untuk mengatasinya, (3) Untuk menarasikan dampak literasi membaca dan menulis di SD Pertiwi I Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Pertiwi I Kota Jambi, penelitian dilakukan bulan November 2022. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yaitu: 1 kepala sekolah SD Pertiwi I Kota Jambi, 6 orang wali kelas kelas 1 sampai VI. Pelaksana literasi membaca dan menulis di SD Pertiwi I Kota Jambi telah dilaksanakan sejak k-13 diterapkan, sampai saat sekarang masih tetap menerapkan literasi membaca dan menulis dengan menerapkan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Penerapan literasi tidak terlepas dengan adanya kendala saat pelaksanaan, kendala di perencanaan yaitu, ketersediaan buku-buku yang baru dan lebih menarik, kurang kerjasama dengan orang tua, kendala ditahapan pembiasaan yaitu, literasi tidak bisa di terapkan karena siswa belajar secara daring, Pelaksanaan literasi ini telah berjalan samapi saat sekarang dan memiliki dampak positif bagi siswa, yaitu, dapat meningkatkan kognitif siswa, dapat menciptakan budipekerti yang baik bagi siswa, literasi dapat menjadikan siswa disiplin jika penerapnnya baik. Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu, Pada dasarnya literasi akan berjalan dengan baik jika warga sekolah saling kerja sama dan pihak sekolah. Orang tua dan masyarakat dan dinas terkait diharapkan untuk selalu mendukung dan berperan maksimal dalam pelaksanaan program literasi. Kata Kunci: Literasi, Implemetasi, Analisis
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | JUNITA |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 07:36 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |