Mulyani, Tia and Mukminin, Amirul and Sofyan, sofyan (2022) Analisis pemahaman materi mata pelajaran matematika siswa kelas VIII B selama kebijakan pembelajaran daring di SMP Negeri 16 Kerinci. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (175kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman materi mata pelajaran mata pelajaran matematika dan kendala siswa dalam memahami materi pelajaran matematika selama pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 16 Kerinci. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Kerinci pada bulan Agustus sampai Desember 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan wawancara mendalam bersama partisipan yaitu kepada guru matematika dan sepuluh orang peserta didik. Data dalam penelitian ini dinalisis dengan cara mereduksi data, melakukan penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Pemahaman siswa kelas VIII B terhadap materi-materi mata pelajaran matematika masih sangat rendah, dimana tingkat berpikir siswa masih pada tingkat pengetahuan belum pada tingkat berpikir yang kedua yaitu pemahaman. (2)Kendala siswa kelas VIII B dalam memahami materi pelajaran dari segi internal yaitu motivasi belajarnya rendah, tidak mencatat materi pelajaran yang diberikan, tidak melakukan kegiatan latihan soal sendiri setelah materi pelajaran diberikan dan tidak ada usaha siswa dalam mengatasi kendala yang mereka alami. Dari segi eksternal nya yaitu, Media pembelajaran daring yang digunakan belum dapat dimanfaat dengan baik guru yang hanya memberikan saja tanpa menjelaskan materi yang diberikan sehingga tidak dapat membantu siswa dalam memahami materi, selama kegiatan belajar dilakukan secara online guru tidak memiliki strategi dalam menjelaskan materi pelajaran sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi. Penguasaan teknologi lah yang menjadi alasan mengapa guru tidak bisa menjelaskan materi pelajaran dengan maksimal dan suasana rumah yang tidak kondusif membuat peserta didik tidak fokus untuk belajar. Dari hasil penelitian ini disarankan guru untuk dapat mencari media dan strategi menjelaskan materi yang tepat, menarik dan menyenangkan agar dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Disamping itu siswa juga harus memiliki kemauan yang tinggi untuk belajar. Tidak hanya itu sekolah juga harus mengadakan atau membuat pelatihan dalam meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam menggunakan teknologi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | MULYANI |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 03:49 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 03:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |