Novianti, Denaya Ayu Mira (2022) IMPLEMENTASI TEKNIK ICE BREAKING PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_DENAYA AYU MIRA N_A1D118065.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi teknik ice breaking pada pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal di SDN 55/I Sridadi mulai pada bulan November 2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data diambil dari guru kelas III B. Penelitian ini menggunakan teknik pengunpulan data observasi, wawancara, studi dokumen, perekaman audio/video, dan kartu catatan lapangan (field note). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Spradley, yaitu; analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru mengimplementasikan ice breaking dilakukan untuk mengoptimalkan kembali situasi belajar yang pada awalnya pembelajaran terlihat tidak kondusif karena siswa yang mulai mengantuk, jenuh, bosan, tidak fokus dan konsentrasi pada penjelasan guru sehingga guru melakukan kegiatan pendinginan untuk mengembalikan perhatian siswa kepada guru, biasanya guru mengimplementasikan teknik ice breaking pada saat memulai pelajaran, saat guru sedang menyampaikan materi, dan di akhir pelajaran. Dalam mengimplementasikan ice breaking guru dapat melakukannya tanpa alat atau hanya memanfaatkan anggota tubuh saja, serta dapat dilakukan dengan menggunakan alat/media disekitar, hal tersebut dilakukan agar siswa dapat bergerak aktif, sehingga siswa dapat menghilangkan rasa ngantuk, bosan, dan jenuhnya, saat guru menyampaikan materi kembali. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan teknik ice breaking pada kegiatan pembelajaran di kelas melibatkan berbagai bentuk jenis ice breaking dan dalam pengimplementasian ice breaking bisa dilakukan di awal, di tengah atau inti, serta di akhir atau saat penutup pembelajaran. Dan dalam proses melakukan ice breaking guru dapat melakukannya dengan menggunakan alat/media yang ada disekitar, atau tanpa menggunakan alat hanya menggunakan anggota tubuh saja. Kata kunci: Implementasi, Teknik Ice Breaking, Pembelajaran
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | NOVIANTI |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 01:42 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 01:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |