Nurhalimah, Nurhalimah and Chan, Faizal and Alirmansyah, Alirmansyah (2022) Strategi Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI NURHALIMAH FIXX.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan PENGESAHAN.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
Abstract
Nurhalimah. 2022. Strategi Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd.,M.Si.,(II) Alirmansyah, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi yang diterapkan guru dalam memotivasi belajar siswa di kelas III B Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13/I Muara Bulian pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini ialah guru kelas III B, teknik analisis data yang digunakan ialah model interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa wali kelas III B menerapkan strategi dalam memotivasi belajar siswa yang terdiri atas beberapa rangkaian dalam pembelajaran yaitu: 1) Tahap perencanaan guru telah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam pembelajaran secara terorganisir, mulai dari RPP, perangkat pembelajaran, absen siswa, catatan nilai dan skor siswa, dan yang menjadi pendukung utama ialah media pembelajaran visual dan audio visual. 2) Tahap pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan guru lebih kepada metode variasi yang mampu memancing semangat belajar dan rasa penasaran siswa. Kemudian menggunakan media sebagai pendukung utama dalam memotivasi belajar siswa. Guru juga menggunakan ice breaking untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan melakukan pendekatan kepada siswa. 3) Tahap evaluasi yang diterapkan guru dengan memberikan apresiasi, pujian, dan reward. Guru juga mengembalikan tugas yang telah dikerjakan siswa sebagai umpan balik seperti pemberian nilai secara angka maupun deskripsi, tujuannya untuk memotivasi belajar siswa agar siswa bisa mengetahui kemampuannya sampai dimana dan memicu siswa agar lebih giat lagi dalam belajar. guru juga mempersiapkan soal-soal dengan tingkat kesulitan bervariasi, selanjutnya hasil perolehan nilai siswa akan diuji guru dan menanyakan kembali pemahaman siswa tentang materi sebelumnya pada kegiatan selanjutnya. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa guru kelas III B Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian telah melaksanakan strategi pembelajaran yang bisa memotivasi belajar siswa dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan strategi tersebut mampu memotivasi belajar siswa dilihat dari beberapa aspek yang ditinjau dalam memotivasi belajar siswa yaitu sikap dalam belajar, kegigihan belajar, rasa ingin tahu, kemandirian dan konsistensi dalam belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Nurhalimah |
Date Deposited: | 11 May 2022 05:15 |
Last Modified: | 11 May 2022 05:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |