Implementasi Pendidikan Karakter Kejujuran di Sekolah Dasar

Rusdiansyah, Arif (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Kejujuran di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI ARIF RUSDIANSYAH FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan 1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Rusdiansyah, Arif : “Implementasi Pendidikan Karakter Kejujuran di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D, (2) Hendra Budiono, S.Pd,. M.Pd Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kejujuran, Sekolah Dasar Berdasarkan tujuan pendidikan nasional, pendidikan di sekolah tidak hanya terkait upaya penugasan dibidang akademik saja, namun harus diimbangi dengan pembentukan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter kejujuran di kelas IV SDN 140/I Sungai Lais. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 140/I Sungai Lais. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber yang diwawancara dalam penelitian ini adalah guru. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bentuk implementasi karakter kejujuran adalah dengan pengintegrasian nilai-nilai karakter jujur dalam program pengembangan diri, mata pelajaran, dan budaya sekolah. Pengintegrasian nilai-nilai karakter jujur dalam program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin seperti latihan individu di sekolah, pekerjaan rumah. Kegiatan spontan seperti, guru memberi peringatan lisan untuk mengerjakan tugas dengan jujur. Keteladanan seperti, tugas piket dan kegiatan pengkondisian seperti, mengkondisikan siswa agar mengerjakan tugas secara jujur. Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran diamati melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), proses pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam budaya sekolah meliputi kegiatan kelas, sekolah dan luar sekolah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kejujuran, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Rusdiansyah
Date Deposited: 11 May 2022 04:59
Last Modified: 11 May 2022 04:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33390

Actions (login required)

View Item View Item