PANDANGAN GURU PENSIUNAN TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KUALA TUNGKAL

PUTRI, TIARA ANANDA (2022) PANDANGAN GURU PENSIUNAN TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KUALA TUNGKAL. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Putri, Tiara Ananda. 2022. Pandangan Guru Pensiun Terhadap Perkembangan Pendidikan Sekolah Dasar Di Kuala Tungkal: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial M. Ed., Ph. D (II) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pandangan Gurur Pensiun, Perkembanga Pendidikan, Kurikulum, Kompetensi Guru, Sumber Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan guru pensiunan terhadap perkembangan pendidikan sekolah dasar di Kuala Tungkal dengan rumusan masalah : Bagaimana pandangan guru pensiunan terhadap perkembangan pendidikan sekolah dasar di Kuala Tungkal? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data yang diperlukan berupa teks deskripsi mengenai perkembangan pendidikan sekolah dasar di Kuala Tungkal menurut pandangan guru pensiun, yang dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam dari sumber data yaitu para guru pensiun di Kuala Tungkal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perkembangan atau peningkatan pada pendidikan sekolah dasar di Kuala Tungkal melalui pandangan guru pensiun. Hal ini ini ditunjukkan dengan adanya perkembangan pada kurikulum, kompetensi guru, sumber belajar. Dan berdasarkan hasil wawancara bersama guru pensiun selama guru tersebut mengajar hingga pensiun pada perkembangan kurikulum ini selalu adanya perubahan sesuai dengan ketetapan pemerintah, dan adanya peningkatan pada kompetensi guru karena guru mulai mengalami cara mengajar yang tidak lagi monoton yaitu memvariasikannya dengan metode lain alat peraga bahkan guru mulai memfaatkan teknologi dan internet. Dan guru selalu berkomunikasi secara efektif dan berkerjasama dengan anggota sekolah dan selalu menunjukan tanggu jawab dan etos kerja tinggi serta pribadi yang baik sebagai seorang guru. Kemudian adanya perkembangan dan peningkatan pada sumber belajar yang guru gunakan yaitu yang awalnya hanya menggunakan buku paket kini sudanh mulai berkembang dengan adanya sumber belajar dari lingkungan, perpus alat peraga bahkan teknologi dan internet. Oleh karena itu, dengan mulai meningkatnya 3 aspek tersebut dapat dilihat bahwa meningkatnya perkembangan pendidikan sekolah dasar di Kuala Tungkal. Bahkan terlihat juga peningkatan pada perkembagan belajar siswa di Kuala Tungkal yang dilihat dari prestasi yang para siswa peroleh ini menurut pandangan guru pensiun.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pandangan Gurur Pensiun, Perkembanga Pendidikan, Kurikulum, Kompetensi Guru, Sumber Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Putri
Date Deposited: 17 May 2022 03:09
Last Modified: 17 May 2022 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33513

Actions (login required)

View Item View Item