IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK DI SMP NEGERI 7 TANJUNG JABUNG TIMUR

Enimiaty, Susi and Haryanto, Eddy and Masbirorotni, Masbirorotni (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK DI SMP NEGERI 7 TANJUNG JABUNG TIMUR. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SUSI ENIMIATY TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SUSI ENIMIATY Pengesahan.pdf

Download (327kB)
[img] Text
SUSI ENIMIATY Cover.pdf

Download (213kB)
[img] Text
SUSI ENIMIATY Abstrak.pdf

Download (493kB)
[img] Text
SUSI ENIMIATY Bab V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
SUSI ENIMIATY Daftar Pustaka.pdf

Download (431kB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan hidup manusia sepanjang hayatnya, baik sebagai individu, kelompok sosial, maupun berbangsa dan bernegara. Melalui pendidikan yang baik dan berkualitas, akan terbentuk individu-individu yang berkarakter terbaik, dengan karakter individu yang baik akan terbentuk masyarakat yang baik, dan dengan karakter masyarakat yang baik, maka akan terbentuk karakter bangsa dan Negara yang baik pula. Keberadaan dan kejayaan suatu bangsa sangat ditentukan oleh karakter yang dimiliki. Hanya bangsa yang memiliki karakter kuat yang mampu menjadikan dirinya sebagai bangsa yang bermartabat dan disegani oleh bangsa-bangsa lain1. Pendidikan juga dapat dimaknai sebagai usaha untuk membantu peserta didik mengembangkan seluruh potensinya (hati, pikir, rasa dan karsa) untuk menghadapi masa depan. Manajemen pendidikan karakter yaitu usaha yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai agar peserta didik mampu menumbuhkan karakter khasnya yang terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.SMP Negeri 7 Tanjung Jabung Timur merupakan sekolah formal dibawah kementrian pendidikan nasional di kabupaten Tanjung Jabung Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter di SMP Negeri 7 Tanjung Jabung Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukakan di SMP Negeri 7 Tanjung Jabung Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, dokumen, dan data demografik peserta penelitian. Wawncara dilakukan kepada 5 orang partiaipan, yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan, Wali kelas kelas VIII dan IX serta seorang guru agama. Tahapan analisis data menggunakan yaitu Manajemen data, Pengkodean tema dan Penyajian hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pendidikan karakter memiliki beberapa tahapan yaitu: observasi keadaan sekolah, rapat koordinasi dan memberikan sosialisasi, (2) proses pengorganisasian yaitu dengan pembagian tugas, menentukan struktur organisasi dan jadwal piket, (3) tahapan pelaksanaan melalui kegiatan rutin harian, spontan dan kegiatan yang teintegrasi ke dalam kurikulum, (4) Adanya proses pengawasan dengan supervise dan bersifat langsung, (5) beberapa hambatan dan pendukung dalam implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembentukan akhlak yang baik yaitu sarana dan prasarana, keadaan alam dan peserta didik itu sendiri, (6) Dalam pelaksanaannya pendidikan karakter memiliki dampak positif yaitu peserta didik memiliki akhlak yang labih baik. Kata Kunci : Manajemen Pendidikan Karakter, Pembentukan Akhlak

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan Karakter, Pembentukan Akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: ENIMIATY
Date Deposited: 17 May 2022 05:08
Last Modified: 17 May 2022 05:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33532

Actions (login required)

View Item View Item