Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 11 Kota Jambi di Masa Pandemi Tahun 2021/2022

Indah, Fatimah (2022) Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 11 Kota Jambi di Masa Pandemi Tahun 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (196kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abtrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran bahasa Indonesia untuk materi teks eksplanasi tingkat sekolah menengah pertama di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik fenomenologi. Data yang diperoleh berupa hasil tanggapan, proses belajar mengajar dan tindakan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Responden penelitian menggunakan teknik sampling purposeful yakni penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu untuk didapat pemahaman tentang fenomena tertentu. Hasil yang didapatkan berupa (1) Pada tahap perencanaan, hal pertama yang dilakukan oleh guru bidang studi bahasa indonesia yaitu merancang RPP, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran guru telah disesuaikan pada Kemendikbud Nomor 22 Tahun 2016 (2) Pada tahap pelaksanaan, guru melakukan kegiatan meliputi tahap pendahuluan, inti, dan penutup. Pelaksannan pembelajaran dilaksanan secara tatap muka terbatas dengan sistem sesi 1 dan sesi 2. (3) Kegiatan evaluasi oleh guru bidang studi bahasa indonesia materi teks eksplanasi siswa kelas VIII B sesi kedua dilakukan dengan melihat kesesuaian teks berdasarkan topik, ketepatan struktur teks eksplanasi, serta kosa kata yang digunakan. Namun masih terdapat pendeskripsian yang belum secara lengkap terlampir antara perancangan pelaksanaan pembelajaran dengan proses berlangsungnya pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran, Teks Eksplanasi Abstract This study aims to describe how Indonesian language learning is used for explanatory text material at the junior high school level during the pandemic. This study uses qualitative methods with phenomenological techniques. The data obtained are in the form of responses, teaching and learning processes and teacher actions. Data collection techniques used in the form of observation, interviews, and documentation. Research respondents used a purposeful sampling technique, namely the determination of samples with certain considerations to gain an understanding of certain phenomena. The results obtained are (1) At the planning stage, the first thing that is done by teachers in the field of Indonesian language studies is to design the RPP. The Teacher Learning Implementation Plan has been adjusted to the Ministry of Education and Culture Number 22 of 2016 (2) At the implementation stage, the teacher carries out activities including the core preliminary stage, and cover. The implementation of learning is carried out face-to-face with a limited system of sessions 1 and 2. (3) Evaluation activities by teachers in the field of Indonesian language studies of explanatory text material for class VIII B students in the second session are carried out by looking at the suitability of the text based on the topic, the accuracy of the explanatory text structure, and vocabulary used. However, there are still incomplete descriptions attached between the design of the learning implementation and the ongoing learning process. Keywords: Learning, Explanatory Text

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: indah
Date Deposited: 19 May 2022 04:25
Last Modified: 19 May 2022 04:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33619

Actions (login required)

View Item View Item