Pengaruh Model Project Based Learning dengan Media Film terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII-F SMP N 1 Kota Jambi

Lufiah, Qonita (2022) Pengaruh Model Project Based Learning dengan Media Film terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII-F SMP N 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER-JUDUL.pdf

Download (30kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL-SELESAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

ABSTRAK Lufiah, Qonita. 2022. Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) dengan Media Film terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd., (II) Drs. Larlen, M.Pd. Kata kunci: model PJBL, media film, kemampuan, menulis, teks ulasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model project based learning (PJBL) dengan media film terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi Tahun pembelajaran 2022/2023. Kemampuan menulis teks ulasan siswa dilakukan dengan kelas eksperimen dengan melakukan pre-test dan post-test, peneliti ingin mengetahui bagaimanakah pengaruh model project based learning (PJBL) dengan media film terhadap kemampuan menulis teks ulasan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kota Jambi yang berjumlah 34 siswa. Dalam penentuan jumlah sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Metode penelitian ini adalah metode pra�experimental desain dengan bentuk one group pre-test post-test design menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan rancangan pre-test-post-test tanpa adanya kelas kontrol. Melakukan pre-test dan post-test dalam satu kelas, sebelum itu guru memberikan pengetahuan awal mengenai pengertian teks ulasan agar tidak kebingungan. Hasil penelitian ini berupa nilai siswa yang dipengaruhi penggunaan model PJBL dengan media film terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kota Jambi, analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS 21. Nilai rata-rata pre-test adalah 11,1 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 16,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan pengambilan hipotesis t hitung 15.372 dan t tabel 2.037 pada taraf signifikan 5%. Dikarenakan t hitung diperoleh lebih besar dari t tabel, yaitu 15.375 > 2.037, maka hipotesis diterima. Berdasarkan data yang sudah diperoleh bahwa model Project Based Learning dengan media film berpengaruh terdapat kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kota Jambi Tahun pembelajaran 2022/2023.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: LUFIAH
Date Deposited: 19 May 2022 06:46
Last Modified: 19 May 2022 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33667

Actions (login required)

View Item View Item