Tanjung, Sufri Helmi and Muazza, Muazza and Syuhada, Siti (2022) Pengaruh Kepemimpinan, Pembiayaan dan Continuing Professional Development (CPD) Terhadap Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sekolah SMKN 1 Merangin. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
Cover .pdf Download (27kB) |
Abstract
Kinerja guru merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu kinerja guru perlu ditingkatkan terus menerus agar diperoleh sumber daya manusia yang bermutu dalam arti yang sebenarnya, yaitu dapat memenuhi tuntutan pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui gambaran kepemimpinan, pembiayaan, CPD (Continuing Profesional Development) terhadap kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan., 2) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan., 3) Untuk mengetahui pengaruh pembiayaan pendidikan terhadap kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan 4) Untuk mengetahui pengaruh CPD (Continuing Profesional Development) terhadap kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan desain penelitian adalah metode survey, sebuah metode penelitian yang bersifat induktif, obyektif dan ilmiah dimana data yang diperoleh berupa angka (skor, nilai) atau pernyataan yang dinilai dan dianalisa dengan analisis statistik Sampel penelitian berjumlah 93 orang. Variabel yang diteliti yaitu Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pembiayaan dan CPD (Continuing Profesional Development) sebagai variabel bebas, dan Kinerja Guru sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan di analisis secara deskriptif presentase dan analisis linier berganda baik secara parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dengan probabilitas signifikan 0.00 < α = 0.05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pembiayaan Terhadap Kinerja Guru dengan probabilitas signifikan 0.00 < α = 0.05, dan terdapat pengaruh CPD (Continuing Profesional Development) terhadap kinerja guru dengan probabilitas signifikan 0.00 < < α = 0.05. Dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pembiayaan dan CPD (Continuing Profesional Development) Terhadap Kinerja Guru di SMKN 1 Merangin dengan nilai F-hitung sebesar 626.77 dengan probabilitas signifikan 0.00 < α = 0.05 atau f-hitung > f-tabel yaitu 626.77 > 3.09. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara Kepemimpinan Kepala Pembiayaan dan CPD (Continuing Profesional Development) Terhadap Kinerja Guru di SMKN 1 Merangin secara simultan. Dari penelitian ini dapat disarankan guru agar mempertahankan dan meningkatkan kinerja yang telah dicapai.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Pembiayaan, CPD (Continuing Profesional Development) dan Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | TANJUNG |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 08:47 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 08:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |