Analisis Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif di TK Al-Istiqomah Desa Napal Sisik Kecamatan Muara Bulian

Hairani, Umul (2022) Analisis Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif di TK Al-Istiqomah Desa Napal Sisik Kecamatan Muara Bulian. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (122kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Umul Hairani. 2022. “Analisis kemampuan kerjasama anak usia dini melalui permainan konstruktif di TK Al-Istiqomah Desa Napal Sisik Kecamatan Muara Bulian”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (2) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: kemampuan kerjasama anak usia dini melalui permainan konstruktif Berdasarkan pengamatan awal tanggal 07-09 Oktober 2020 di TK Al-Istiqomah Desa Napal Sisik Kecamatan Muara Bulian pada saat anak berada dalam kelompok terdapat 10 dari 20 anak yaitu AB, AK, AS, FR, MM, MSA, MAA, NAP, RR, RMA masih belum mampu mengembangkan kemampuan kerjasamanya. Saat kegiatan pembelajaran, guru membagi anak dalam berbagi kelompok untuk bermain balok, terlihat ada anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya, walaupun guru sudah memberikan arahan untuk bergabung dengan temannya namun anak masih saja tidak mau bergabung dan bekerja sama dengan temannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan kerjasama anak usia dini dalam aspek berkembang kemampuan fisik anak, kemampuan social kemampuan emosi, dan kemampuan kognisi melalui permainan konstruktif di TK Al-Istiqomah Desa Napal Sisik Kecamatan Muara Bulian. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh anak TK Al-Istiqomah Desa Napal Sisik Kecamatan Muara Bulian kelompok B berjumlah 26 anak. Sampel penelitian ini 26 anak menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik presentase. Berdasarkan hasil dan pengolahan data, (1) Kemampuan kerja sama anak usia dini dalam aspek bermain dengan teman sebayanya berkembang kemampuan fisik anak melalui permainan konstruktif di TK Al-Istiqomah Desa Napal Sisik Kecamatan Muara Bulian berada pada tingkatan “Tinggi” (87%). (2) kemampuan kerja sama anak usia dini dalam aspek berkembang kemampuan sosial melalui permainan konstruktif di TK Al-Istiqomah Desa Napal Sisik Kecamatan Muara Bulian berada pada tingkatan “Tinggi” (81%). (3) Kemampuan Kerja sama anak usia dini dalam aspek berkembang kemampuan emosi melalui permainan konstruksidi TK Al-Istiqomah Desa Napal Sisik Kecamatan Muara Bulian berada pada tingkatan “Tinggi” (86%). (4) Kemampuan kerjasama anak usia dini dalam aspek berkembang kemampuan kognisi melalui permainan konstruktif di TK Al-Istiqomah Desa Napal Sisik Kecamatan Muara Bulian berada pada tingkatan “Tinggi” (82%). Kesimpulan penelitian ini yaitu analisis kemampuan kerjasama anak usia dini melalui permainan konstruktif di TK Al-Istiqomah Desa Napal Sisik Kecamatan Muara Bulian secara umum berada pada tingkatan “Tinggi” (84%).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kerjasama, permainan kostruktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: UMUL HAIRANI
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:28
Last Modified: 08 Jun 2022 06:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34153

Actions (login required)

View Item View Item