MELINDA, DIAH (2022) PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK NEGRI PEMBINA KABUPATEN SAROLANGUN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Diah Melinda 2021 Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Tahun pelajaran 2020-2021, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Nyimas Muazzomi, S.Ag, M.Pd.I, dan Pembimbing II Dr. Drs. Haryanto, M.Kes Kata Kunci : ABSTRAK Diah Melinda 2021 Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Tahun pelajaran 2020-2021, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Nyimas Muazzomi, S.Ag, M.Pd.I, dan Pembimbing II Dr. Drs. Haryanto, M.Kes Kata Kunci : Engklek Modifikasi, Kemampuan Motorik Kasar, Anak Untuk mengoptimalkan hasil belajar peningkatan kemampuan motorik kasar seperti melompat, meloncat, berlari, melempar dan melakukan permainan-permainan mestinya diperlukan pendekatan bermain sambil belajar seraya belajar sambil bermaian. Salah satu permainan yang dapat melatih peningkatan kemampuan motorik kasar anak adalah permainan engklek. Permainan Engklek modifikasi ini pada dasarnya sama dengan permainan Engklek , yang membedakan adalah pada proses permainannya. Pada permainan Engklek modifikasi guru menyediakan gambar sesuai dengan tema yang telah direncanakan dan menambah kegiatan menyanyi, meniru gerak dan lain-lain sesuai dengan indikatornya Berdasarkan permasalahan yang ada maka perlu dilakukan penelitian mengenai: “Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Tahun pelajaran 2021-2022 Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: Menkaji dan mendeskripsikan permainan engklek modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak Kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Tahun pelajaran 2020-2021 , Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana permainan engklek modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak Kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Tahun pelajaran 2020- 2021 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan pre-experimental design. Penelitian dengan pendekatan pre-experimental design yang dipilih adalah satu kelompok pretes-posttes (One- Group Pretest-Posttest Design). Populasi dalam penelitian ini ada 30 orang anak dan sampel penelitian berjumlah 15 orang anak Kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Tahun pelajaran 2021-2022 . Teknik pengumpulan data menggunakan angket, Teknik analisa data menggunakan menghitung skor gain Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan tentang pengaruh permainan engklek modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun ditemukan dari hasil uji t thitung > ttabel dimana 637 > 2.1604 maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan diatas dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha ditrima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan engklek modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh permainan engklek modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Untuk mengoptimalkan hasil belajar peningkatan kemampuan motorik kasar seperti melompat, meloncat, berlari, melempar dan melakukan permainan-permainan mestinya diperlukan pendekatan bermain sambil belajar seraya belajar sambil bermaian. Salah satu permainan yang dapat melatih peningkatan kemampuan motorik kasar anak adalah permainan engklek. Permainan Engklek modifikasi ini pada dasarnya sama dengan permainan Engklek , yang membedakan adalah pada proses permainannya. Pada permainan Engklek modifikasi guru menyediakan gambar sesuai dengan tema yang telah direncanakan dan menambah kegiatan menyanyi, meniru gerak dan lain-lain sesuai dengan indikatornya Berdasarkan permasalahan yang ada maka perlu dilakukan penelitian mengenai: “Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Tahun pelajaran 2021-2022 Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: Menkaji dan mendeskripsikan permainan engklek modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak Kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Tahun pelajaran 2020-2021 , Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana permainan engklek modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak Kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Tahun pelajaran 2020- 2021 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan pre-experimental design. Penelitian dengan pendekatan pre-experimental design yang dipilih adalah satu kelompok pretes-posttes (One- Group Pretest-Posttest Design). Populasi dalam penelitian ini ada 30 orang anak dan sampel penelitian berjumlah 15 orang anak Kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Tahun pelajaran 2021-2022 . Teknik pengumpulan data menggunakan angket, Teknik analisa data menggunakan menghitung skor gain Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan tentang pengaruh permainan engklek modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun ditemukan dari hasil uji t thitung > ttabel dimana 637 > 2.1604 maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan diatas dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha ditrima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan engklek modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh permainan engklek modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Negri Pembina Kabupaten Sarolangun
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Engklek Modifikasi, Kemampuan Motorik Kasar, Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | MELINDA |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 03:17 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |