Afifah, Rahayu (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU CERITA RAKYAT DARI JAMBI 2 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
skripsi upload repository.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (22kB) |
Abstract
Afifah, Rahayu. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Cerita Rakyat dari Jambi 2 dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. H. Yundi Fitrah, Drs. M.Hum., Ph.D. (II) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd. Kata Kunci: cerita rakyat, nilai-nilai pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku Cerita Rakyat dari Jambi 2 dan mendeskripsikan relevansinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam delapan cerita rakyat Jambi dan sumber datanya adalah buku Cerita Rakyat dari Jambi 2 dengan depalan judul cerita 1) Asal Usul Raja Negeri Jambi, 2) Asal Mula Nama Sungai Batanghari, 3) Dongeng Hantu Pirau, 4) Legenda Bujang Jambi, 5) Datuk Darah Putih, 6) Dongeng Si Kelingking, 7) Depati Sebelas, 8) Putri Tangguk. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam buku Cerita Rakyat dari Jambi 2 terdapat pendidikan karakter mencakup nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, peduli lingkungan, pedul sosial, dan tanggung jawab. Adapun kerelevanannya ialah tepat digunakan sebagai pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VII pada Kompetensi Dasar (KD) 3.15 mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. Adanya kesesuaian antara cerita yang ada dengan Kompetensi Dasar yang digunakan pada kurikulum 2013 kelas VII SMP dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter serta kelayakan sebagai bahan ajar. Nilai-nilai pendidikan dalam buku Cerita Rakyat dari Jambi dapat diaplikasikan dalam pembelajaran sebagai motivasi siswa dan pengalaman membaca bagi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang diarahkan untuk menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dalam kehidupan sosial di masyarakat. Buku Cerita Rakyat dari Jambi 2 mengandung nilai-niai pendidikan karakter yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi pendidik dalam memilih bahan ajar yang memiliki nilai pendidikan karakter dan sesuai dengan kurikulum.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | AFIFAH |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 02:51 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |