Pengembangan Majalah Digital Berorientasi Chemo-entrepreneurship Pada Materi Zat Aditif Di SMP Negeri Satu Atap

Fatma, Fadillah (2022) Pengembangan Majalah Digital Berorientasi Chemo-entrepreneurship Pada Materi Zat Aditif Di SMP Negeri Satu Atap. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
A1C118092_FADILLAH FATMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover Awal.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (443kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id?

Abstract

Materi zat aditif merupakan materi IPA kelas VIII pada kurikulum 2013. Pendekatan Chemo-entrepreneurship merupakan suatu pendektan yang mengaitkan pembelajaran dengan objek nyata, dengan pendekatan Chemo-entrepreneurship siswa dapat mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah digital interaktif dengan berorientasi pada pendekatan chemo-entrepreneurship serta mengetahui kelayakan, penilaian guru dan respons siswa terhadap majalah digital interaktif berorientasi chemo-entrepreneurship yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee dan Owens. Instrument penelitian yang digunakan berupa pendoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi serta ahli media terhadap media pembelajaran majalah digital interaktif berorientasi chemo-entrepreneurship pada materi zat aditif memberikan penilaian dengan kriteria “sangat baik” dan dinyatakan sudah layak untuk diujicobakan. Hasil penilaian guru IPA terhadap majalah digital berorientasi chemo-entrepreneurship memperoleh angka 62 dengan kategori “baik”. Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan skor respon siswa sebesar 4,48 (uji kelompok terbatas). Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran majalah digital interaktif berorientasi chemo-entrepreneurship pada materi zat aditif sudah layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran IPA.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Majalah Digital, Interaktif, Chemo-entrepreneurship, Zat Aditif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: FATMA
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:35
Last Modified: 15 Jun 2022 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34734

Actions (login required)

View Item View Item