Adiansyah, Davit and Muazza, Muazza and Eddy, Haryanto (2022) Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi 1 Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Davit Hal Pengehasan.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
Davit Cover.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
Davit ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (268kB) |
Abstract
Manajemen Ektrakurikuler merupakan suatu kegiatan pengelolaan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Kegiatan ini harus benar-benar dipersiapkan dengan matang sehingga membutuhkan pemikiran dan analisis yang mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami serta menganalisa sejauh mana keberhasilan suatu program pengajaran berjalan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan kendala serta solusi yang tepat dalam pelaksanaan sehingga dapat membuat suatu pengelolaan pendidikan yang professional serta dengan pengelolaan yang baik dapat menghasilkan output yang berkualitas sesuai dengan diharapkan oleh semua pihak yang terkait mulai dari pihak sekolah dan yayasan serta para stakeholder dilingkungan Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Jambi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis pengumpulan data yang digunakan adalah penellitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Teknik sampling ini menggunakan konsep purposive sampling yang ditujukan untuk kepala sekolah dan guru Pembina ekstrakurikuler pendidikan Agama Islam.Teknik ini untuk menguji keabsahan data dengan triangulasi metode. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskiptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan pengelolaan ekstrakurikuler pendidikan Agama Islam di SDIT Nurul Ilmi Jambi dilaksanakan dalam rapat evaluasi tahunan. Hal-hal yang direncanakan meliputi penentuan tujuan pembelajaran, sumber belajar, materi pembelajaran, target pembelajaran, alokasi waktu pelajaran, merencanakan seleksi penerimaan siswa baru, dan merencanakan pembagian kelompok siswa baru. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler pendidikan Agama Islam di SDIT Nurul Ilmi Jambi terdiri dari beberapa tahapan yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz tahsin dan Bahasa Arab juga dilakukan pengelolaan ruang, waktu, dan fasilitas pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai kondisi optimal, sehingga kegiatan belajar dapat terlaksana seperti yang diharapkan. Ketiga, Evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler pendidikan Agama Islam di SDIT Nurul Ilmi Jambi meliputi penilaian hasil belajar dan evaluasi keseluruhan proses pembelajaran Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah bahwa untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembelajaran ekstrakurikuler PAI ini perlu dilakukan perbaikan serta peningkatan mutu pembelajaran.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Ektrakurikuler, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi I Kota Jambi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | ADIANSYAH |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 06:33 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 06:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |